Pemkab Tanah Laut

DPMD Tala Siap Gelar Pemilihan Kepala Desa Serentak, Ratusan Calon Siap Bersaing

Dua dari 52 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak 2023 sepi peminat. Hingga kini, belum ada bakal calon kades tambahan.

Featured-Image
Foto – ilustrasi Pilkades.

bakabar.com, PELAIHARI - Dua dari 52 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak 2023 sepi peminat. Hingga kini, belum ada bakal calon kades tambahan.

Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Danawan mengatakan, satu desa ada di Kecamatan Tambang Ulang yakni Desa Pulau Sari dan satu di Kecamatan Kintap yaitu Desa Kebun Raya.

"Dua desa itu baru mengajukan pendaftaran satu bakal calon kepala desa. Sampai batas waktu ditentukan tidak ada juga yang mendaftar, terpaksa ditunda ke pemilihan berikutnya," katanya saat ditemui di Kantor DPMD Tala, Senin (12/6/2023).

Menurut Danawan, pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Tanah Laut sesuai rencana digelar pada tanggal 13 September 2023.

Tercatat, ada 191 bakal calon kepala desa yang sudah mendaftar di masing- masing panitia Pilkades.

"Ini baru masuk tahapan penelitian berkas persyaratan bakal calon kepala desa terhitung sampai 9 hari kerja," ujarnya.

Danawan menambahkan, apabila masih ada kekurangan dalam syarat pendaftaran bakal calon kepala desa, masih ada waktu perpanjangan yakni dari tanggal 20 sampai 21 Juni 2023.

"Masuk tahapan penetapan calon kepala desa pada tanggal 30 Juni 2023," ucapnya.

Ia menambahkan, sejumlah 36 kepala desa lama kembali maju mendaftar sebagai bakal calon kepala desa sudah memenuhi persyaratan.

"Sisanya 16 orang merupakan wajah baru ikut mendaftar sebagai bakal calon kepala desa," katanya.

DPMD Tala tutur Danawan sudah mempersiapkan logistik Pilkades 2023, yaitu berupa kotak suara dan bilik suara, isi dari pada logistiknya tengah dipersiapkan.

Editor


Komentar
Banner
Banner