Bisnis

Dosen UNISM Ajarkan Aplikasi SFiA ke Pengrajin Purun Al-Firdaus Banjarbaru

Pekerjaan pengrajin purun Al-Firdaus, Kota Banjarbaru terasa lebih ringan dan terbantu belakangan ini.

Featured-Image
Program pemberian Aplikasi dan pelatihan ini diprakarsai oleh dosen Universitas Sari Mulia (UNISM) Analisa. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Pengrajin purun Al-Firdaus, Kota Banjarbaru bakal merasakan lebih ringan dan terbantukan karena adanya Smart Financial Application (SFiA).

Web keuangan dan pemasaran digital yang dirancang agar mempermudah dalam pencatatan keuangan serta pemasaran melalui digital.

SFiA ini dirancang khusus untuk pengrajin-pengrajin untuk dapat melakukan pencatatan operasional harian dengan baik mengingat selama ini hanya dilakukan secara manual.

Program pemberian aplikasi dan pelatihan ini diprakarsai oleh dosen Universitas Sari Mulia (UNISM) Analisa.

Ana tidak sendiri. Dia bersama tim yang beranggotakan Nurhaeni dan Yuliarti Rezeki serta 3 mahasiswa yang membantu dalam proses terlaksananya Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

“Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan dengan beberapa tahapan di antaranya tahapan Coaching dan Creative Class,” ujarnya.

Ia menjelaskan SFiA ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah agar dapat mendukung berkembangan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Banjarbaru.

Terutama membantu dalam pencatatan keuangan dan pemasaran melalui digital.

Selain itu, kata Ana bahwa SFIA ini aplikasi yang dikembangkan pihaknya karena dapat hibah pengabdian kepada masyarakat oleh Kementerian Pendidikan Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI 2023.

“Sehingga diharapkan dengan adanya SFiA ini dapat membantu pengrajin-pengrajin Purun Al-Firdaus dapat dengan mudah melakukan pencatatan penerimaan dan pengeluaran kasnya,” ucapnya.

Selain itu, Ana memaparkan pada pertama kali survei ke Kampung Purun ini menemui bahwa pencatatan keuangan di Koperasi Purun AL-Firdaus ini masih dilakukan secara manual atau buku, begitu juga dengan pemasarannya.

“SFiA ini juga dilengkapi dengan system pemasaran yang akan langsung dapat dipesan melalui aplikasi SFiA tersebut,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner