Bisnis

Dorong Akselerasi Digitalisasi UMKM Melalui Wiki Wirausaha dan Kadin Tech Hub

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) telah meluncurkan Wiki Wirausaha dan Kadin Tech Hub sebagai platfrom untuk mendorong digitalisasi UMKM. 

Featured-Image
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid sedang memberikan sambutan dalam acara gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas di Smesco Indonesia Jakarta Selatan, Senin (3/10). (Foto: apahabar.com/Thomas)

bakabar.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) telah meluncurkan Wiki Wirausaha dan Kadin Tech Hub sebagai platfrom untuk mendorong digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid menjelaskan Wiki Wirausaha merupakan sebuah platform online untuk pelaku UMKM untuk bisa memperoleh mitra, akses pasar dan informasi. 

"Melalui wikiwirausaha.id UMKM dapat berdiskusi satu sama lain, mulai dari perizinan usaha sampai literasi keuangan," ucapnya di Jakarta, Kamis (15/12). 

Baca Juga: Dukung Pemerintah Menuju Indonesia Emas 2045, Kadin Siapkan Formula Ekonomi

Melalui platform ini juga UMKM bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai jenis pelatihan. 

Selain Wiki, Kadin juga menghadirkan platform digital lainnya yaitu Kadin Tech Hub. Aplikasi ini memiliki manfaat untuk bisa mempertemukan perusahaan bermasalah dengan ekosistem. 

"Pertemuan kedua hal itu akan dapat memberikan pengembangan solusi digital yang terintegrasi dengan semangat ekonomi kolaborasi," ujarnya. 

Dalam rangka memperkuat UMKM, Kadin Indonesia juga menginisiasi kemitraan inclusive closed loop ecosystem. 

"Ini merupakan skema pendampingan melekat dari perusahaan besar ke UMKM maupun petani dalam rangka transfer pengetahuan dan teknologi," imbuhnya. 

Baca Juga: KADIN: Kenaikkan UMP semakin Bebani Sektor Padat Karya

Nantinya petani juga bisa mendapatkan beberapa manfaat di antaranya memperluas akses pembayaran, bantuan distribusi hasil pertanian sampai membuka akses pasar untuk nasional maupun ekspor. 

"Inisiatif ini juga sudah dijadikan gerakan nasional economic empowerment oleh Presiden Joko Widodo," jelasnya. 

Dirinya memberikan contoh beberapa kemitraan yang sudah berhasil seperti pertanian holtikultura di Garut yang dapat meningkatkan hasil panen sampai 15 persen di 2021.

"Bayangkan betapa besar manfaatnya apabila hal ini diterapkan di seluruh sektor pertanian Indonesia," tutupnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner