Kalsel

Dooor! Penggerebekan Maut di Banjar Tewaskan Kakek Teluk Tiram

apahabar.com, BANJARMASIN – Kakek Sarijan tewas dalam sebuah penggerebekan oleh sejumlah pria diduga polisi di kediamannya,…

Featured-Image
Suara tembakan sempat terdengar dalam penggerebakan Kakek Sarijan di Teluk Tiram, Banjarmasin Barat. Foto ilustrasi: Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Kakek Sarijan tewas dalam sebuah penggerebekan oleh sejumlah pria diduga polisi di kediamannya, Desa Pemangkih Baru, Kabupaten Banjar.

Pria 60 tahun kehilangan nyawa seketika usai digebuki sejumlah pria berpakaian sipil di rumah istri keduanya. Wajahnya penuh luka lebam.

Darah segar mengucur dari hidung kakek asal Teluk Tiram, Gang Bakti, Banjarmasin Barat. Sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa Sarijan keburu melayang.

DITAHAN! Terduga Pencabul Nenek Berujung Tewasnya Ibu di Banjar

Dini hari itu, Kamis 29 Desember 2021, rumah Sarijan didatangi sejumlah pria. Jumlahnya berkisar delapan orang.

Sekitar pukul 23.00, kerabat Sarijan mendengar bunyi letupan seperti tembakan senjata api sebelum penggerebekan berlangsung.

“Sebelum didobrak ada tembakan peringatan,” ujar Juma, istri Sarijan saat mengadu ke bidang profesi dan pengamanan (propam) Polda Kalsel, Senin (17/1).

Pintu rumah Sarijan didobrak. Tanpa banyak penjelasan, ia langsung dipukuli.

“Dia saat itu salat tahajud,” timpal Kamarullah, kuasa hukum keluarga Sarijan.

img

Juma berkata pria-pria itu adalah personel Satuan Reserse Narkoba Narkoba Polres Banjar yang sedang melakukan pengembangan kasus.

Kendati begitu, Juma menganggap tindakan polisi-polisi itu sudah di luar batas kewajaran. Atas dasar itulah dia datang mengadu berharap keadilan.

“Kalau korban melawan atau melarikan diri, di-door (tembak) juga enggak masalah. Ini orangnya enggak ngapa-ngapain. Barang bukti juga enggak ada,” timpal Kamarullah, kuasa hukum korban.

Yang lebih membuat Juma tak terima adalah perlakuan saat Sarijan terlihat sudah tak berdaya.

“Korban diseret oleh seorang oknum,” kata Kamarullah.

Juma satu-satunya saksi mata saat kejadian selain anak Sarijan yang masih berusia 1 tahun. Namun apa daya istri kedua Sarijan itu tak diperbolehkan bertindak apa-apa.

Bahkan saat Sarijan akan dibawa ke rumah sakit, Juma tak boleh menemani.

“Mereka dipisah, enggak boleh ikut. Malah dibawa putar-putar. Tau-tau dikabari meninggal,” kata Kamarullah.

Penggerebakan Maut Kakek Sarijan, Terduga Pelaku Bisa Dijerat Sanksi Berlapis

Tak hanya itu, yang membuat Juma makin tak terima adalah proses penguburan Sarijan.

Di mana, kata Kamarullah, pihak keluarga besar tak pernah dilibatkan.

“Bahkan saat mau dibawa di Madura untuk dimakamkan di sana dilarang. Saat itu ada oknum yang mengaku kapolres menyobek tiket keberatan,” bebernya.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Moch Rifa’i mengaku belum bisa memberikan keterangan pasti.

Rifa’i akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke Bidang Propam dan Polres Banjar.

“Mohon waktunya ya, konfirmasi dulu ke Bidang Propam dan Polres Banjar,” ujar Rifa’i. Senada, Kasi Humas Polres Banjar AKP Suwarji juga belum menerima laporan kasus.

Teka-Teki Pembunuhan Guru Satui di RM Wong Solo

RALAT: Diberitakan sebelumnya lokasi penggerebekan berada di kawasan Teluk Tiram Banjarmasin. Yang benar adalah Desa Pemangkih Baru, Kecamatan Pemangkih Makmur, Kabupaten Banjar dekat Banjarmasin Selatan. Kekeliruan telah diperbaiki.

Komentar
Banner
Banner