Tak Berkategori

Ditutup Selama Libur Nataru, Siring Tendean Banjarmasin Tetap Dikunjungi

apahabar.com, BANJARMASIN – Seluruh objek wisata di Banjarmasin dipastikan tutup selama libur Natal dan Tahun Baru…

Featured-Image
Sejumlah warga masih mendatangi Siring Pierre Tendean yang sejatinya masih belum dibuka oleh otoritas. Foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Seluruh objek wisata di Banjarmasin dipastikan tutup selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun itu tak menyurutkan warga mendatangi di Siring Piere Tendean, Jumat (25/12) pagi.

Masyarakat tetap berbondong-bondong datang, baik dari luar maupun dalam kota. Alasan kedatangan mereka cukup simpel.

Beberapa di antaranya mengaku tidak mendapatkan informasi, ataupun pemberitahuan tentang penutupan Siring Tendean selama libur Nataru.

“Kurang tahu (informasi penutupan). Kebetulan waktu libur saja kami bisa berjalan-jalan,” ungkap salah seorang warga bernama Lilis.

Alasan memilih Siring Tendean lantaran memiliki spot pemandangan yang bagus. Sejauh mata memandang, terlihat Sungai Martapura dan Menara Pandang.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjarmasin, sudah memaparkan sederet alasan penutupan destinasi wisata di Kota Seribu Sungai selama pandemi Covid-19.

Terutama Siring Tendean, karena sangat terbuka untuk umum. Pun dengan pintu masuk dan tujuan wisata yang beragam.

“Kami sulit mencegah kerumunan di Siring Tendean. Berbeda jika siring di pagar, sehingga hanya tersedia dua akses pintu masuk dan keluar. Itu akan mudah,” papar Ehsan Al Haq, Kepala Disbudpar Banjarmasin.

Pertimbangan lain sebelum membuka Siring Tendean adalah pendisiplinan protokol kesehatan dan keamanan. Sektor ini menjadi kapasitas Satpol PP, Dishub, TNI dan Polri.

“Sampai sekarang kami belum mendengar rencana mereka untuk merekayasa pencegahan kerumunan,” jelas Ehsan.

“Terutama setiap momen akhir tahun, hampir dipastikan Siring Tendean padat. Situasi ini memungkinkan terjadi pelanggaran sosial distancing atau jaga jarak,” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner