Hot Borneo

Ditemukan di HSU dan Tanbu, Legislator Kalsel Sebut Penyebaran Flu Burung Cepat Diatasi

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel H Lutfi Syaifuddin bereaksi tentang adanya penyakit menular dari flu burung yang beredar di wilayah setempat.

Featured-Image
Ketua Komisi IV DPRD Kalsel H Lutfi Syaifuddin bereaksi tentang adanya penyakit menular dari flu burung yang beredar di Kalsel. Foto: Disbunnak Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN - Ketua Komisi IV DPRD Kalsel H Lutfi Syaifuddin bereaksi tentang adanya penyakit menular dari flu burung yang beredar di wilayah setempat.

Virus influenza tipe A sub tipe H5N1 yang menyerang unggas itu sudah ditemukan di Kalsel, yakni di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Tanah Bumbu.

Baca Juga: Flu Burung Ditemukan di HSU, Dinkes Kalsel Bicara Soal Penularan Kepada Manusia

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan bahwa penyebaran flu burung harus diantisipasi secepatnya. Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan Kalsel untuk melakukan pengecekan ke lapangan lokasi adanya flu burung.

Baca Juga: Disbunnak Kalsel; Unggas Terpapar Flu Burung Aman Dikonsumsi

“Jangan sampai menjadi hal yang tidak diinginkan. Dinas Kesahatan dan Peternakan diharapkan proaktif berkeliling ke industri peternakan,” ujarnya.

Untungnya, kata Lutfi bahwa penularan flu burung hingga saat ini belum terbukti bisa terjadi dari manusia ke manusia, sehingga baru terbatas dari unggas ke unggas.

Baca Juga: Flu Burung Terdeteksi di Kalsel, Masyarakat Dianjurkan Jangan Panik

Meski begitu, penularan flu burung tetap harus diwaspadai karena tingkat perburukannya yang amat tinggi.

“Saya juga mengimbau agar masyarakat juga turut serta berperan mencegah merebaknya virus tersebut, dengan tetap menjaga lingkungan yang bersih hindari kontak langsung dengan unggas dan selalu mencuci tangan,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner