Pemkab Balangan

Diskominfo SP Balangan Luncurkan Program Diskotik Dansa

Diskominfo SP Kabupaten Balangan meluncurkan program inovasi Diskotik Dansa (Diskusi, Komunikasi, Statistik Sarana Pendukung Menuju Data Terkases Kapan Saja)

Featured-Image
Jajaran Diskominfo SP Balangan saat membahas program Diskotik Dansa untuk menyelesaikan masalah data di Kabupaten Balangan. Foto-Diskominfo Balangan

bakabar.com, PARINGIN - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Balangan pada awal Januari 2024 meluncurkan program inovasi Diskotik Dansa atau Diskusi, Komunikasi, Statistik Sarana Pendukung Menuju Data Terakses Kapan Saja dan Di mana Saja (Diskotik Dansa).

Kepala Diskominfo SP Kabupaten Balangan Muhammad Nor mengungkapkan
program inovasi ini merupakan sebuah sarana untuk meningkatkan pengetahuan, kemauan, dan kemampuan dalam hal pengelolaan data statistik sektoral oleh Perangkat Daerah.

“Pada prinsipnya permasalahan data di Kabupaten Balangan ini hanya disebabkan oleh tiga hal saja, yaitu pengetahuan, kemauan, dan kemampuan,” kata Muhammad Nor, Rabu (06/03/2024).

Dijelaskannya, hal ini merupakan upaya untuk mencoba menghadirkan para Jabatan Fungsional (JF) Statistisi dengan para pengelola data pada setiap SKPD di Kabupaten Balangan melalui formula-formula yang dapat digunakan dalam pengelolaan data di SKPD.

“Kalau selama ini kita selalu berpandangan bahwa dalam pengelolaan data harus selalu dihubungkan dengan penggunaan aplikasi yang pada akhirnya memerlukan biaya pembelian atau pengadaan aplikasi, maka melalui program inovasi ini, hal tersebut tidak diperlukan lagi, karena melalui formula-formula yang diberikan, permasalahan data akan teratasi dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, JF Statistisi Diskominfo SP, Herry menambahkan bahwa Diskotik Dansa ini secara teknis kegiatan sebenarnya merupakan back to basic dari pengelolaan data itu sendiri, yaitu berupa perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan yang baik dan benar.

“Dengan pencatatan dan pelaporan yang baik, data akan lebih mudah didapatkan. Itu yang selama ini kita ketahui. Dan Diskotik Dansa pada dasarnya seperti itu. Namun, dengan modifikasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi, komunikasi, dan informasi sekarang, pencatatan dan pelaporan harus kekinian dan penuh dengan kemudahan,” terangnya.

Sebagai permulaan, Diskotik Dansa telah diujicobakan pada 2 SKPD pada tahun 2023, diantaranya adalah pada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB dalam pengelolaan data stunting dan Dinas Sosial Kabupaten Balangan dalam pengelolaan data Kemiskinan.

Hasilnya, data yang dihasilkan menjadi lebih mudah didapatkan, dan lebih variative, sudah menggunakan kode referensi, variabel, konsep, dan definisi .

“Untuk Tahun 2024 ini, untuk semakin memberikan kemudahan dan jangkauan yang lebih luas, kami mencoba menerapkan dengan model layanan online. Melalui nomor kontak WhatsApp, SKPD dapat menghubungi tim Diskotik Dansa, selanjutnya, terkait pendampingan bisa saja dilaksanakan secara daring ataupun online sesuai keinginan SKPD” paparnya.

Melalui pendampingan tersebut, maka pengetahuan, kemauan, dan kemampuan dalam pengelolaan data menjadi meningkat. Dan permasalahan data dapat teratasi dengan baik.

“Untuk sementara, SKPD dapat menghubungi nomor kontak 081317015022 selama jam kerja untuk mendapatkan manfaat dari program inovasi ini,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner