Kalsel

Disdik Banjarmasin Pastikan Akomodir Peserta tak Lulus PPDB

apahabar.com, BANJARMASIN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin tahun…

Featured-Image
Ilustrasi PPDB. Foto-Bisnis.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin tahun 2019 akan diumumkan, Sabtu (8/7).

Bagi mereka yang tak lulus jangan berkecil hati. Sebab Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin akan mengeluarkan jurus penyelamatan.

Langkahnya dengan memanggil wali murid yang anaknya tak lulus PPDB ke Disdik Banjarmasin. Kemudian pihak disdik menawarkan ke sekolah negeri lain di Banjarmasin.

Kepala Bidang SMP Disdik Banjarmasin, Sah Nan mengakui pihaknya akan akan menampung siswa/siswi yang tidak terakomodir saat pengumuman PPDB tanggal 8 Juli nanti ke sekolah negeri lain.

Pihaknya berencana akan menambah kouta siswa di SMP terdekat yang masih kekurangan

pelajar.

“Tidak perlu khawatir, sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) perihal PPDB, Disdik bertanggung jawab dan wajib menyalurkan siswa ke sekolah yang belum masuk setelah pengumuman,” terangnya.

Disdik, katanya akan berupaya mengakomodir calon siswa yang tidak memiliki bangku kursi agar bisa masuk ke sekolah negeri.

Namun kebijakan akomodir siswa ini, mereka harus berada dalam kawasan jalur zonasi PPDB atau sesuai tempat tinggal mereka.

Jika tidak bisa masuk ke sekolah negeri, maka Disdik akan mengalokasikan ke sekolah swasta untuk bisa menerima calon siswa yang gagal masuk ke negeri.

“Insya Allah kita akan akomodir siswa yang tidak lulus, melihat tahun kemarin juga banyak sekolahan tidak banyak siswa,” terangnya.

Bentuk kerja sama dengan sekolah negeri, lanjutnya, telah dilakoni sejak lama untuk menampung siswa yang belum memiliki kursi.

Bahkan Disdik telah menurunkan tim ke setiap sekolah negeri dan swasta untuk mengawasi proses penerimaan siswa baru.

“Kita hari ini sudah menurunkan tim untuk mengawal dan mendampingi peserta didik,” pungkasnya.

Baca Juga:Harganas 2019, Dinkes Kalsel Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bersama

Baca Juga: Puluhan Tahun Rasakan Gelap, Haruyan Dayak Bisa Nikmati Listrik

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner