Nasional

Dirjen Dukcapil Pantau Perekaman KTP di Banjarbaru, Pastikan Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih

Kegiatan perekaman biometrik KTP elektronik (KTP-el) pemilih pemula di Halaman Kantor Disdukcapil Kalsel di Banjarbaru dipantau langsung Dirjen Dukcapil.

Featured-Image
Dirjen Dukcapil didampingi Kepala Dukcapil Provinsi Kalsel dan Kota Banjarbaru saat memberitahu kepada pemilih pemula untuk mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital usai memiliki KTP-el. Foto- apahabar.com/ Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Kegiatan perekaman biometrik KTP elektronik (KTP-el) pemilih pemula di Halaman Kantor Disdukcapil Provinsi Kalsel di Banjarbaru dipantau langsung Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi, Sabtu (23/12). 

Adapun kegiatan ini digelar Disdukcapil Provinsi Kalsel bersama Disdukcapil Kota Banjarbaru sebagai bentuk jemput bola guna persiapan pemilu 2024.

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi mengatakan, jika seusai mendarat di Ibu Kota Provinsi Kalsel, ia bersama jajaran langsung meninjau pelayanan di Banjarbaru.

Nilainya, jika pelayanan yang diberikan sudah bagus. Dilihat dari capaian dan antusias peserta yang hadir meski diakhir pekan. 

"Alhamdulillah capaian layanan di Banjarbaru bagus, wajib KTP sendiri tinggal sedikit lagi. Sehingga saya sampaikan kepada Kadis Disdukcapil provinsi dan kota bagaimana perekaman (KTP-el) untuk pemilih pemula dapat segera dirampungkan. Karena hal ini penting mengingat sebentar lagi ada Pemilu 2024," ucapnya saat ditemui awak media. 

Hal itu katanya sebagai langkah cepat agar semua pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024.

"Perekaman ini untuk mereka yang sudah berumur 17 tahun atau mereka yang belum 17 tahun. Kalau sudah umur 17 tahun setelah rekam, jadi, langsung di serahkan. Tapi bagi mereka yang belum yang penting rekam dulu, nanti kalau sudah 17 tahun akan di cetak dan di berikan pada mereka sebagai hadiah ulang tahun," jelasnya. 

Sehingga besar harapan dirinya, tidak ada masyarakat yang tidak memiliki KTP-el. Lanjutnya, apabila sudah memiliki KTP-el agar mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) 

"Jadi selain kita tuntaskan perekaman KTP-el juga perbanyak aktivasi IKD," tuntasnya. 

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel, Zulkifli, menuturkan jika perekaman biometrik KTP-el di Kalsel sudah mencapai lebih dari 20.000 pemilih pemula. Dan tidak ada masyarakat yang terlewati atau tidak memiliki kartu identitas diri. 

"Kita hari ini kedatangan Dirjen langsung. Beliau lihat semua, tidak ada biaya apapun yang dikenakan kepada masyarakat. Tidak ada juga masyarakat yang tidak memiliki KTP. Kalau pun ada, kita akan jemput bola ke lokasi untuk melakukan perekaman KTP-el," katanya. 

Di klaimnya, Disdukcapil Provinsi telah proaktif mengimbau masyarakat. Bahkan juga berkolaborasi dengan Disdik provinsi untuk membantu mendata siswa guna percepatan perekaman KTP-el pemilih pemula. 

"Paman Birin juga sudah memotivasi kabupaten / kota untuk memenuhi target - terget ini. Kita melalui Disdik, mengimbau SMA dan Pesantren untuk melakukan perekaman KTP-el. Makanya kita jemput bola ke sekolah-sekolah," cetusnya. 

Kepala Disdukcapil Kota Banjarbaru, Sri Fatma Karmailita, menambahkan. Jika pihaknya juga tengah gencar melakukan jemput bola perekaman KTP-el pemilih pemula. 

"Berdasarkan data yang kami terima, ada 4.500 pemilih pemula di Banjarbaru. Dan sekarang tersisa 1.322. Dan tentunya tiap hari angka itu berkurang karena kami selalu membuka pelayanan perekaman. Contohnya hari ini, sudah puluhan orang terlayani. Dan nanti saat Pemilu pun kami tetap melayani (tidak libur)," ungkapnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner