Kalsel

Direspon Pemprov Kalsel, KAMM Optimis Bantu Kembangkan Pariwisata

apahabar.com, BANJARMASIN – Keluarga Alumni Mahasiswa Malang (KAMM) Kalimantan Selatan kembali menggelar Silaturahmi Akbar di Pondopo…

Featured-Image
Asisten III Pemprov Kalsel Heriansyah dan Ketua Umum KAMM Kalsel, Akhmad Farhani memotong nasi tumpeng peringatan Harjad Kalsel. Foto-apahabar.com/Bahaudin

bakabar.com, BANJARMASIN – Keluarga Alumni Mahasiswa Malang (KAMM) Kalimantan Selatan kembali menggelar Silaturahmi Akbar di Pondopo Agung Ardji Kriyo Sentono Pawon Tlogo, Barito Kuala, Sabtu (31/08).

Tercatat ada ratusan alumnus berbagai profesi hadir dalam acara yang juga dikemas memperingati Hari Jadi (Harjad) Pemprov Kalsel ke-69 Tahun.

Mereka bertekad menjadi ujung tombak untuk membantu visi-misi pemerintah daerah. Khususnya dalam pengembangan sektor pariwisata.

Demikian disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemprov Kalsel, Heriansyah.

Dia berharap KAMM Kalsel ikut serta berpartisipasi membangun Bumi Lambung Mangkurat, sebutan Kalsel. Pembangunan yang dimaksud bisa berupa insfratruktur serta pariwisata.

“Sehingga bisa memberikan kontribusi baik ide, maupun diaplikasikan ke pembangunan daerah itu sendiri,” terangnya.

Sesuai arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di mana pembangunan Kalsel sudah berpindah kiblat. Tidak cuma bidang fisik semata.

Dengan memanfaatkan industri pengolahan pariwisata dan pertanian, semua elemen masyarakat turut serta membantu pembangunan daerah.

Peran tersebut sangat diharapkan juga datang dari alumnus mahasiswa Kalsel, terutama KAMM sendiri.

“Alumni mahasiswa yang kuliah di luar Kalsel tersebar. Ini bisa menjadi potensi berkembang pariwisata Kalsel lewat tangan mereka,” tegasnya.

Respon dari Pemprov Kalsel ini didengar langsung dari Ketua Umum KAMM Kalsel, Akhmad Farhani.

Ia menerangkan melalui pengukuhan itu akan diperkuat jejaring sesama alumni.

Apalagi, banyak alumnus yang menempati posisi strategis di berbagai instansi pemerintah, swasta maupun sektor usaha.

''Kami yakin, alumi Malang yang mencapai puluhan ribu orang ini memiliki banyak potensi untuk berkontribusi lebih besar bagi Kalsel," ujarnya.

Langkah yang ingin ditempuh KAMM dengan membantu Pemprov berupa ikut mengembangkan serta mempromosikan destinasi wisata Kalsel.

Misalnya Kiram Park yang berada di Kabupaten Banjar. Lalu Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Pergunungan Meratus yang menjadi Geo Park.

Tempat tempat tersebut dianggap potensial memperkenalkan Kalsel kedunia internasional.

“Upaya itulah yang kita ambil, mendukung pemerintah daerah mengembangkan wisatanya agar lebih dikenal lagi,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan KAMM sudah melewati usia lebih puluhan tahun. Sebelumnya, bernama Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Malang (IKAMM) Kalsel.

Dari langkah dan pengalaman tersebut, telah berhasil melahirkan ribuan alumnus yang sukses di berbagai profesi.

Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa kemampuan dan kapasitas alumnus Malang memiliki daya saing dan kompetensi yang sangat baik.

"Saya sangat berharap teman-teman alumni, baik yang sepuh maupun yang baru lulus bisa rawuh di acara ini. Kita perkuat ikatan ini agar peran Kalsel semakin kokoh," tuturnya.

Baca Juga: Direspon Pemprov Kalsel, KAMM Optimis Bantu Kembangkan Pariwisata

Baca Juga: Dandim 1003/Kandangan Ulurkan Bantuan Kursi Roda ke Kusasi

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner