Kalsel

Dinkes Banjarmasin Laksanakan Vaksinasi Booster Covid-19 Hari Ini, Cek Faktanya

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin dipastikan tidak melaksanakan program vaksinasi booster Covid-19 bagi…

Featured-Image
Petugas mennunjukan vaksin Covid-19 Moderna untuk pelaksanaan vaksinasi booster. Foto: Kemkes.go.id

bakabar.com, BANJARMASIN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin dipastikan tidak melaksanakan program vaksinasi booster Covid-19 bagi masyarakat umum.

Diketahui, program ini direncanakan bergulir pada hari ini, Rabu (12/1).

Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi menyampaikan bahwa keputusan itu berdasarkan hasil zoom meeting Selasa (11/1) malam bersama Dirjen P2P Kemenkes.

Diketahui, capaian vaksinasi lansia saat ini sekitar 44 persen.

"Untuk kabupaten dan kota di Indonesia yang belum mencapai 60% vaksin satu bagi lansia, belum bisa melakukan booster kepada masyarakat umum," ujarnya.

Namun, Ia menekankan bahwa booster vaksinasi hanya diprioritaskan bagi lansia di seluruh kabupaten /ota di Indonesia yang sudah vaksin lengkap, terhitung lebih dari enam bulan.

Selain itu, kelompok penerima booster vaksin adalah mereka yang berusia di atas 18 tahun.

Alhasil, saat ini pihaknya memprioritaskan kepada para lansia terlebih dahulu untuk vaksin satu dan booster mulai hari ini.

"Jadi kepada lansia yang mau vaksin 1 dan 2 juga booster bisa saja dan ini prioritas," ucapnya.

Adapun Pemerintah Indonesia putuskan vaksin Covid-19 ketiga (booster) gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Pelaksanaan penyuntikan vaksin booster dimulai pada 12 Januari 2022 dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan, serta sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

Komentar
Banner
Banner