Pemkot Banjarmasin

Dinas PUPR Ingatkan Warga Banjarmasin: Waspada Bangunan Tampak Miring!

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin menyebut terdapat ratusan bangunan tampak miring.

Featured-Image
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin menyebut terdapat ratusan bangunan tampak miring. Foto: bakabar.com/dok

bakabar.com, BANJARMASIN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin mengingatkan warga mewaspadai bangunan yang tampak miring.

Apalagi beberapa waktu lalu getaran gempa sempat dirasakan warga  Banjarmasin.

Kepala PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah meminta warga melakukan pemeriksaan awal terhadap bangunan yang dikelola atau dimiliki secara mandiri (self assessment).

"Jadi self assesmentnya meliputi pengamatan visual terhadap vertikalitas konstruksi bangunan dan pengamatan terhadap konstruksi pondasi berupa penurunan atau kerusakan struktur," ujarnya.

Ia menjelaskan pemeriksaan itu bertujuan agar memberikan kewaspadaan dini dan langkah apa yang harus dilakukan.

"Kemudian pengamatan pada konstruksi kolom dan dinding utama bangunan pastikan tidak ada keretakan dan perubahan bentuk struktur hingga pengamatan pada bagian dinding bangunan berupa keretakan diagonal yang tembus dengan lebar lebih dari 2 mm," sambungnya.

Oleh karena itu, jika masyarakat memerlukan konsultasi lebih lanjut ujar Suri, bisa ke layanan bidang wasbang di Dinas PUPR Kota Banjarmasin atau di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Banjarmasin.

"Yakni langkah-langkah pemeriksaan secara terlampir, dan Dinas PUPR Kota Banjarmasin melalui layanan dikonsultasi di MPP,” ucapnya.

Selain itu, ia meminta pengelola atau pemilik bangunan wajib melengkapi persyaratan perizinan bangunan baik berupa Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikasi Laik Fungsi (SLF).

"Itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner