Hot Borneo

Diguyur Hujan Lebat, Debit Air Sungai Tabalong Masih Aman

apahabar.com, TANJUNG – Meski diguyur hujan lebat selama beberapa jam, debit air Sungai Tabalong masih relatif…

Featured-Image
Kondisi Sungai Tabalong yang dipantau dari atas Jembatan Sulingan, Tanjung, Selasa (6/9). Foto: apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG – Meski diguyur hujan lebat selama beberapa jam, debit air Sungai Tabalong masih relatif aman.

Seperti sejumlah wilayah lain di Kalimantan Selatan, Tabalong juga diguyur hujan lebat mulai pukul 02.00 hingga 13.00 Wita, Senin (5/8).

Beruntung kondisi itu tak mempengaruhi debit air Sungai Tabalong. Sampai sekarang belum terjadi peningkatan debit air yang berpotensi menyebabkan banjir.

Pantauan bakabar.com dari atas jembatan kembar Sulingan, Tanjung, Selasa (6/9), air yang tampak bewarna kekuning-kuningan mengalir cukup deras ke arah hilir.

Sedangkan kondisi air Sungai Mangkusip yang merupakan hilir dari Sungai Jaing, terlihat peningkatan debit. Namun demikian, kawasan tersebut tidak mengalami banjir.

“Setelah hujan selama berjam-jam, debit air sungai belum meningkat signifikan. Insyaallah masih aman,” papar Muhammad Joko, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tabalong.

Sementara hasil pemantauan yang dilakukan Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) Kecamatan Haruai, juga menunjukkan kondisi serupa.

“Sampai sekarang hujan belum meningkatkan debit air sungai. Selain langsung diperiksa, pemantauan juga dilakukan melalui CCTV yang dipasang di pinggir sungai,” papar Binjainuri, Ketua UPBS Haruai.



Komentar
Banner
Banner