Pemkab Banjar

Digelar 3 Hari, Pemkab Banjar Apresiasi Harlah Dua Dekade Sanggar Ar-Rumi

Pemkab Banjar mengapresiasi kegiatan Ar-Rumi Fest dalam rangka Harlah Dua Dekade Sanggar Ar-Rumi IAI Darussalam Martapura, yang digelar dari 13 - 15 Maret 2023.

Featured-Image
Staf Ahli Bupati Banjar bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Rakhmat Dhany, memotong pita menandakan kegiatan Ar-Rumi Fest dan Harlah Dua Dekade Sanggar Ar-Rumi resmi dimulai, Senin (13/3). Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Pemkab Banjar mengapresiasi kegiatan Ar-Rumi Fest dalam rangka Harlah Dua Dekade Sanggar Ar-Rumi IAI Darussalam Martapura, yang digelar dari 13 - 15 Maret 2023.

Hal ini diungkapkan Bupati Banjar melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Rakhmat Dhany, saat membuka resmi kegiatan, di halaman Kampus IAI Darussalam Martapura, Senin (13/3) sore.

"Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mengapresiasi kegiatan Sanggar Ar-Rumi ini, karena jadi motivasi positif bagi pemuda untuk selalu mempelajari budaya lokal kita," ucap Rakhmat Dhany.

"Kita patut bersyukur dengan keberagaman seni budaya lokal kita yang sarat dengan nilai-nilai moral, budi pekerti, dan kearifan lokal yang diwariskan nenek moyang," sambungnya.

Sehingga, lanjutnya lagi, adanya Sanggar Ar-Rumi dengan segala kegiatannya ini, turut berkontribusi melestarikan seni budaya.

"Kita sangat ingin ragam seni budaya Banjar seperti Mamanda, Hadrah, Musik Panting, Madihin, Balamut, dan sebagainya semakin dikenal luas. Seni budaya Banjar ini harus kita kembangkan dan lestarikan bersama," tuturnya.

Rakhamat Dhany berharap, Sanggar Ar-Rumi terus memajukan seni budaya Banjar, mengukir dengan karya - karyanya yang berkualitas, dan akan lebih banyak lagi kelompok - kelompok seni budaya lainnya.

Sementara, Ketum Sanggar Ar-Rumi, Rohasdi, mengatakan kegiatan Harlah tahun ini digelar lebih meriah dari biasanya, dengan rangkaian acara selama tiga hari tiga malam.

Ia menjelaskan, pihaknya  mengadakan bazar UMKM di halaman kampus dengan diisi panggung apresiasi dari berbagai kelompok seni kampus maupun umum di Kalsel. Selain itu juga diadakan beberapa lomba rakyat.

"Di sini kami memberikan ruang kepada pelaku UMKM dan pegiat seni di mana keduanya saling berpadu. Jadi siapapun silakan datang ke bazar ini gratis," tururnya.

Ia melanjutkan malam puncaknya pada Rabu malam nanti para anggotanya memberikan persembahan pementasan bertajuk Sanggar Ar-Rumi Dua Dekade Berkarya.

"Ada penampilan Musik Bahadrah, Madihin, Nasyid, Pagelaran Sasrta, dan teater. Untuk malam puncak ini masuk pakai tiket, cuma 15 ribu rupiah saja," bebernya.

Ia menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Banjar dan kampus yang telah memberikan dukungan penuh, serta pihak sponsor dan panitia yang turut membantu kegiatan.

"Harapan di Harlah ke-20 Sanggar Ar-Rumi ke depannya semakin maju dan terus mengangkat kesenian dan kebudayaan Banjar," pungkasnya.

Pada kegiatan tadi, turut hadir perwakilan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjar, Wakil Rektor III Drs Izzuddin MAg, dan tamu undangan lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner