Kalsel

Dialog Pemindahan Ibu Kota, Kalsel Jadi Wilayah Pertama yang Dikunjungi

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggelar dialog Pemindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan…

Featured-Image
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat memberikan pemaparan di diskusi rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Kantor Staf Presidenan, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Mei 2019 lalu. Foto-suara.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggelar dialog Pemindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Selatan pada Senin (15/7/2019). Acara yang mengambil tempat di Novotel-Banjarbaru itu menjadikan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai daerah pertama yang dikunjungi Bappenas.

Provinsi Kalimantan Selatan dan provinsi tetangganya, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur disebut-sebut berpotensi menjadi calon Ibu Kota baru Indonesia. Untuk itu, kedatangan Bappenas ke Kalsel kali ini diduga mempertegas rencana tersebut.

Terkait menjadi wilayah yang dikunjungi pertama kali oleh Bappenas, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Nurul Fajar Desira belum berani mengambil kesimpulan.

Ketika ditanya bakabar.com, mungkinkah Kalsel punya potensi besar soal pemindahan ibu kota, "Gak mau berandai-andai atau berkira-kira.”

Menurutnya, dialog pemindahan ibu kota yang dilaksanakan di Novotel, Banjarbaru tersebut hanya untuk menampung segala inspirasi masyarakat.

Rencananya, sambung Fajar, dialog bertema “Kalimantan untuk Indonesia” itu akan dihadiri beberapa tokoh penting Banua, seperti (Mantan) Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Riset dan teknologi Kabinet Indonesia bersatu II Gusti Muhammad Hatta. Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Rektor Universitas Lambung Mengkurat (ULM) Sutarto Hadi, Dosen Ilmu sosial dan Pemerintahan ULM Taufik Arbain, dan 176 undangan lainnya.

Fajar tak mau berkomentar banyak soal pemindahan Ibu Kota ke mana. Sebab menurutnya, pihak pusat-lah yang mengkaji itu semua.

“Jangan tanya aku, tentang itu. Karena kajiannya dilakukan pusat. Silakan tanya ke pusat. Kita mengusul lokasi saja,” sambungnya.

Sebelumnya, Bappenas sudah beberapa kali melaksanakan acara serupa di Jakarta. Seperti soal Pertahanan Negara, Pergerakan Ekonomi, Pembangunan Lokasi Ibu Kota, dan sebagainya.

Baca Juga:Kalsel Masih Dilirik Jadi Calon Ibu Kota RI

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner