Kalsel

Di Regional 3, Bumi Jaya Masuk 5 Besar Lomba Desa

apahabar.com, PELAIHARI – Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala) masuk 5 besar terbaik…

Featured-Image
Tim Klarifikasi sampaikan Desa Bumi Jaya masuk 5 besar di regional se-Indonesia dalam penilaian Lomba Desa dan Kelurahan. Foto – Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala) masuk 5 besar terbaik di regional 3 dalam Lomba Desa dan Kelurahan se-Indonesia.

Lomba Desa dan Kelurahan se-Indonesia sendiri terbagi dalam regional 1, regional 2, regional 3 dan regional. Di regional 3 ada 11 Provinsi dan hanya dipilih 5 desa.

"Bapak ibu harus berbangga, karena dari sekian ribu desa yang ada di regional 3, posisi Desa Bumi Jaya berada di posisi 5 besar," jelas Valentinus Sudaryanto, Ketua Tim Klarifikasi Lomba Desa dan Kelurahan, di Desa Bumi Jaya, Selasa (16/7/2019).

Valentinus juga mengapresiasi kepada aparatur desa dan masyarakat Bumi Jaya yang telah berjuang dalam Lomba Desa dan Kelurahan, hingga sampai tahap ini.

Desa Bumi Jaya telah lolos dalam penilaian administrasi, sehingga terpilih menjadi 5 besar desa yang masuk dalam penilaian klarifikasi lapangan di regional 3 di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Valentinus menjelaskan, klarifikasi lapangan bertujuan untuk menilai kesesuaian antara data dan informasi yang telah disampaikan, dengan kondisi real yang ada di lapangan.

Selain itu, menurutnya klarifikasi lapangan untuk menggali lebih dalam lagi persoalan dan potensi yang ada melalui pengamatan menyeluruh dari beberapa aspek, yaitu bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Maksud pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan yang dilaksanakan setiap tahun, untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa maupun kelurahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakatnya.

Terkait hal itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Tala, Muhammad Safarin, mendukung dan mengapresiasi kegiatan karena akan memicu seluruh desa di Tala untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Tala, Hj Nurul Hikmah Sukamta, Wakil Ketua I TP PKK Tala, Yati Oktoviana, Camat Pelaihari, Akhmad Nopriadi, Kepala Desa Bumi Jaya, Mulyono, dan aparatur desa serta masyarakat.

Baca Juga: Baru 15 UMKM Batola Bersertifikat Halal

Baca Juga:FSPMI Siap Terjunkan Puluhan Buruh Metal Protes Dua Perusahaan Kalsel

Reporter: AHC14
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner