Kalsel

Di Hadapan Legislatif, Bupati Aulia Singgung Defisit HST

apahabar.com, BARABAI – Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi-H Mansyah Sabri…

Featured-Image
Bupati-Wakil Bupati Periode 2021-2024, Aulia-Mansyah bersama unsur pimpinan DPRD HST usai Paripurna, Senin (1/3). Foto: Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi-H Mansyah Sabri berkomitmen membangun Bumi Murakata.

Hal itu disampaikan Aulia pada agenda ketiganya usai dilantik menjadi Bupati HST, yakni saat Rapat Paripurna di DPRD HST, Senin (1/3).

Di hadapan anggota legislatif, Aulia menyampaikan visi dan misinya agar HST makmur, unggul dan dinamis.

"Ini merupakan momentum penting, sekaligus penegasan komitmen sebagai bupati," kata Aulia.

Ada beberapa misi yang akan dijalankan agar tercapai cita-cita selama kepemimpinan hingga 2024.

"Kita ingin meningkatkan SDM, mengembangkan ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif, pemerataan infrastruktur yang memperkuat daya dukung lingkungan sosial dan menjalankan pemerintahan yang berintegritas, responsif dan profesional," kata Aulia.

Tak hanya itu, bupati termuda sepanjang sejarah HST ini juga menyinggung soal efisiensi anggaran dalam tata kelola pemerintahan. Hal itu dilakukan jika terjadi defisit anggaran.

"Komitmen kami ingin membuat pemerintah yang baik, kalau bisa menjadi contoh [kabupaten lain-red]. Tapi belum tentu defisit itu jelek. Kalau defisit tapi pertumbuhan masyarakatnya bagus berarti itu harga yang harus dibayar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terang Aulia.

Sebelumnya ditegaskan Aulia, berdasarkan Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) yang baru, ada beberapa persentasi pemulihan ekonomi yang bakal dialokasikan dan direfocusing.

“Bisa kita mulai dengan refocusing anggarannya untuk pemulihan ekonomi dan penanganan Covid. Karena ada PMK yang baru yang harus diharmonisasikan dengan APBD yang baru diketok kemaren,” terang Aulia.

Dengan masa jabatan yang hanya 3 tahun atau priode 2021-2024, Aulia perlu bekerja cepat.

Ada dua hal yang bakal diselesaikan Bupati dan Wakil Bupati baru ini. Yakni penanganan Covid-19 dan pemulihan pascabanjir di HST.

“Saatnya kita mengumpulkan energi-energi yang masih terpecah dan bersatu membangun satu energi guna mewujudkan masyarakat HST yang makmur, unggul dan dinamis,” tutup Aulia.

Perlu diketahui, usai dilantik pada Jumat (26/2) oleh Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, Aulia memulai agenda sidak atau inspeksi mendadak di RSUD H Damanhuri, Minggu (28/2).

Senin (1/3), memulai hari pertama ngantor, Aulia-Mansyah melakukan sertijab dengan Plh Bupati HST, H Faried Fakhmansyah.

Selesai sertijab, kedunya pun mengikuti Rapat Paripurna di DPRD HST dan menyampaikan sambutan sebagai kepala daerah yang baru di Bumi Murakata.



Komentar
Banner
Banner