Kalsel

Dewan Usulkan Pemkot Banjarmasin Bangun Sport Center

apahabar.com, BANJARMASIN – DPRD Kota Banjarmasin mengusulkan agar Pemerintah Kota (Pemkot) membangun sport center. Dengan harapan…

Featured-Image
Rapat Komisi IV dengan Dispora Banjarmasin, Senin (20/1). Foto- apahabar.com/ Ahya Firmansyah

bakabar.com, BANJARMASIN – DPRD Kota Banjarmasin mengusulkan agar Pemerintah Kota (Pemkot) membangun sport center. Dengan harapan prestasi olahraga di Kota Seribu Sungai terus meningkat.

Usulan itu disampaikan saat rapat Komisi IV bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banjarmasin, Senin (20/1).

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, H Muhammad Yamin yang hadir dalam rapat itu mengungkapkan, sudah seharusnya Pemkot memikirkan rencana tersebut.

Apalagi, Kota Banjarmasin menurutnya punya segudang atlet berprestasi. Bahkan jadi andalan Kalsel untuk berlaga di ajang nasional dan internasional.

"Dibangunnya sport center itu bertujuan, untuk pembinaan maksimal para atlet," ujar Yamin, Senin (20/1).

Dia menekankan, langkah tersebut harus jadi perhatian serius, agar kedepannya dapat direalisasikan. Sehingga, memberikan dampak positif bagi olahraga di daerah.

“Rapat koordinasi ini juga bertujuan seperti itu, kita harap pemerintah kota mulai serius memikirkan itu. Kami di dewan akan bantu,” ungkap politisi Gerindra tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali menambahkan, rencana itu dapat dilakukan secara bertahap oleh pemerintah kota.

Menurutnya, persiapan bisa mulai dari perencanaan saat ini hingga pembangunan fisik ke depannya.

“Termasuk menyiapkan lahannya, jika sudah terencana dengan matang dapat direalisasikan,” papar Politisi Golkar tersebut.

Ditambahkannya, pembinaan kepemudaan dan olahraga memang harus ditingkatkan, karena menyangkut kualitas dan prestasi generasi akan datang.

“Dalam rapat tadi kita koordinasikan terkait anggaran Dispora Banjarmasin dapat alokasi Rp17 miliar, sebagian besar untuk keolahragaan,” tuturnya.

Pihaknya tegas Matnor akan konsen melakukan pengawasan setiap tiga bulan sekali, yang dilakukan saat rapat evaluasi penyerapan anggaran.

“Ini sebagai fungsi kita di dewan, kita harap semua program di Dispora terlaksana sesuai kesepakatan,” tuturnya.

Sementara itu, Kadispora Kota Banjarmasin, M Taufik Rivani nampaknya belum siap untuk rencana itu.

“Karena kita ini untuk membangun sport center itu perlu lahan luas, di daerah kita ini sudah sulit cari lahan seperti itu,” terangnya.

Meski begitu, dia menegaskan bukan berarti rencana itu tidak ada. Sebab sudah ada pula dalam pembangunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kota ini.

“Yang memungkinkan itu, dibuat sport center mini. Kita saat ini sedang membangun tiga titik lapangan bola, bisa di lokasi itu sekalian dibuat sport center mini,” tandasnya.

Terlepas dari itu, untuk program pengembangan keolahragaan masih jadi fokus Dispora, tahun ini. Sebab banyak atlet Banjarmasin yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2020.

Baca Juga:Mengenal Pulau Burung, Destinasi Wisata yang Indah di Pesisir Kalsel

Baca Juga: Beda Sikap, Kadishub Banjarmasin Bicara Soal Mangkir Dihadapan Komisi II

Baca Juga:Sempat Bermasalah, PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Kalsel-Teng Normal Kembali

Baca Juga: Dana Desa Tahap Pertama Segera Dicairkan, Wonorejo Pun Dapat

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner