Pemkab Balangan

Destinasi Wisata Populer di Balangan Saat Libur Lebaran Idulfitri 2024

Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Balangan menjadi destinasi populer selama libur panjang Idulfitri 1445 Hijriah. Wisata Sungai Maranting, Masjid Al-Akbar, da

Featured-Image
Sungai Maranting, salah satu destinasi populer di Balangan saat libur lebaran Idulfitri 2024. Foto-Ist

bakabar.com, PARINGIN - Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Balangan menjadi destinasi populer selama libur panjang Idulfitri 1445 Hijriah. Wisata Sungai Maranting, Masjid Al-Akbar, dan Makam Datu Kandang Haji menjadi favorit warga lokal dan luar daerah.

Melda Risda Elfa, Plt Kepala Disporapar Balangan, menjelaskan, bahwa ketiga tempat tersebut memang diminati untuk wisata religi dan alam.

“Di Balangan terdapat sekitar 30 objek wisata, 10 di antaranya dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di masing-masing desa, termasuk Wisata Sungai Maranting,” ujarnya.

Salah satu pengunjung, Aan, menyebutkan bahwa mereka memilih Sungai Maranting untuk reuni karena suasana alam yang asri dan segarnya air sungai.

Untuk Wisata Sungai Maranting, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat Kota Paringin. Sementara itu, Makam Datu Haji di Kecamatan Juai dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 menit, dan Masjid Al-Akbar hanya berjarak lima menit dari pusat kota.

Selain tempat wisata alam, destinasi buatan seperti Alfatah Stable juga diminati pengunjung. Feryanto, pengelola Wisata Alfatah Balangan, mengundang warga untuk menikmati berbagai wahana bermain dan taman air. "Wisata Alfatah Stable buka setiap hari dengan harga tiket masuk yang terjangkau," ujarnya.

Wisata Alfatah Stable tidak hanya ramai saat hari raya, tetapi juga pada libur sekolah dan tahun baru. Pengunjung juga dapat menikmati spot santai, berkemah, serta fasilitas untuk acara kantor, sekolah, atau keluarga. Mereka juga dapat memesan berbagai menu makanan yang tersedia di tempat tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner