Pemkab Tanah Laut

Desa Tambang Ulang Wakili Tala Ikut Penilaian Lomba PHBS Se-Kalsel

Desa Tambang Ulang, Kecamatan Tambang Ulang menjadi perwakilan di Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang mengikuti penilaian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PH

Featured-Image
Penilaian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Senin (07/08/2023).

bakabar.com, PELAIHARI - Desa Tambang Ulang, Kecamatan Tambang Ulang menjadi perwakilan di Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang mengikuti penilaian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pada proses penilaian, dua orang perwakilan tim penilai dari provinsi melakukan beberapa pemeriksaan untuk melengkapi berkas penilaian mulai dari survey hingga inovasi desa.

Kepala Desa Tambang Ulang, A Nawawi mengatakan, ditunjuknya Desa Tambang Ulang menjadi pusat perlombaan PHBS tingkat provinsi menjadi sebuah kebanggaan.

"Namun, yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana seluruh pihak di desa ini bersama-sama memberikan kontribusi dalam membangun desa termasuk dalam penerapan PHBS," katanya, Senin (7/8/2023).

Sementara itu, Camat Tambang Ulang, Aminullah mengatakan, penilaian PHBS terhadap Desa Tambang Ulang diharapkan menjadi motivasi sekaligus evaluasi bagi seluruh pihak.

"Penilaian terbuka yang diberikan oleh tim penilai provinsi harus menjadi perhatian baik itu kepala desa dan jajarannya, pengurus PKK desa, kader PHBS itu sendiri maupun masyarakat sekalian," katanya.

Menurut Camat Tambang Ulang, PHBS itu dari rumah masing-masing.

"Alhamdulillah, saya di rumah mendapat dukungan istri dalam penerapan PHBS ini," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya sebagai pembina desa akan terus melakukan pendampingan terhadap apapun hasil penilaian yang diperoleh nantinya.

Aminullah berharap seluruh pihak dan stakeholder yang ada di desa ini dapat menerapkan pola PHBS terlepas adanya penilaian lomba tersebut.

"PHBS harus terus dikembangkan dan dimanfaatkan dengan baik. Ingat, sekali lagi kita bisa memulai kebiasaan sederhana ini dari rumah," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner