Pemkab Tanah Laut

Desa Sungai Riam Diusulkan Jadi Pemekaran Kecamatan Pelaihari

Rapat paripurna dengan acara penyampaian jawaban Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta, terhadap pandangan umum fraksi DPRD atas dua Raperda digelar, Senin (6/2)

Featured-Image
Pemkab dan DPRD Tala usai rapat paripurna dua rancangan peraturan daerah (Raperda). Foto-Diskominfo Tala

bakabar.com, PELAIHARI - Rapat paripurna dengan acara penyampaian jawaban Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta, terhadap pandangan umum fraksi DPRD atas dua Raperda digelar, Senin (6/2/2023).

Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta mengatakan Raperda tentang Pemekaran Kecamatan Pelaihari dan Pembentukan Kecamatan Taruna Makmur.

Desa Sungai Riam yang saat ini berada pada wilayah administrasi Kecamatan Pelaihari, dinilai cocok menjadi calon kecamatan baru, dengan nama Kecamatan Taruna Makmur.

Sukamta menjelaskan, analisa kualifikasi teknis pemekaran suatu kecamatan memang harus terpenuhi sebelum ditindaklanjuti, seperti kualifikasi kemampuan keuangan daerah.

Tala dinilai mampu dalam melaksanakan pemekaran Kecamatan. Lantaran, kebutuhan sarana dan prasarana (sarpras) dalam menunjang aktivitas pemerintahan relatif lebih mudah, terpenuhi, karena adanya ketersediaan lahan.

"Setidaknya butuh tiga sampai tujuh hektar lahan dalam pembangunan kantor kecamatan dan sarpras pelayanan publik lainnya," ujarnya.

Menurut dia, dari hasil observasi menunjukkan hampir setiap desa masih memiliki lahan yang luas, khususnya Desa Sungai Riam.

Sukamta menambahkan, selain karena luas lahan yang tersedia, Desa Sungai Riam dinilai tepat karena berada di tengah-tengah sembilan desa dan satu kelurahan yang akan masuk ke dalam wilayah administrasi kecamatan baru ini.

“Terkait usulan Desa Sungai Riam dan pemberian nama Kecamatan Taruna Makmur telah melewati musyawarah desa dan kelurahan se-Kecamatan Pelaihari serta sosialisasi yang dilaksanakan di Kecamatan Pelaihari pada 4 Oktober 2022 yang lalu,” tambahnya.

Ia sebutkan, rencana pemekaran Kecamatan Pelaihari dan Pembentukan Kecamatan Taruna Makmur hingga saat ini masih terus berproses berdasarkan aturan yang berlaku.

Baca Juga: Semua Fraksi DPRD Tala Sepakat Bahas Dua Raperda

Editor


Komentar
Banner
Banner