Sport

Depak Kamerun Via Adu Penalti, Mesir Tantang Senegal di Final Piala Afrika 2021

apahabar.com, JAKARTA – Melalui adu penalti, Mesir mendepak tuan rumah Kamerun di semifinal Piala Afrika 2021,…

Featured-Image
Mohamed Abou Gabal melakukan penyelamatan dalam pertandingan semifinal Piala Afrika 2021 antara Mesir melawan Kamerun. Foto: Kilat

bakabar.com, JAKARTA – Melalui adu penalti, Mesir mendepak tuan rumah Kamerun di semifinal Piala Afrika 2021, Jumat (4/2). The Pharaoh pun menantang Senegal di partai puncak.

Pertandingan semifinal di Olembe Stadium ini berlangsung cukup ketat.

Kamerun nyaris unggul di menit 18, seandainya sundulan Michel Ngadeu-Ngadjui tak membentur tiang gawang.

Akhirnya hingga 90 menit berlalu, skor masih sama kuat tanpa gol. Pertandingan pun berlanjut ke perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu diawali dengan tendangan bebas James Lea Siliki yang terlalu kuat, tetapi malah hampir mengirim bola masuk ke gawang Mesir.

Kemudian di menit 109, tembakan spekulasi Siliki berbelok arah, karena terkena badan Mohamed Abdel Monem. Beruntung bola masih dapat ditepis Mohamed Abou Gabal.

Masih tanpa gol, pertandingan pun harus diselesaikan dengan adu penalti. Kamerun mendapatkan kesempatan menendang pertama dan Vincent Aboubakar dengan mudah menaklukkan Mohamed Abou Gabal.

Ahmed Sayed Zizou yang baru masuk di menit 118, juga sukses memperdayai kiper Andre Onana dan membawa Mesir menyamakan kedudukan.

Namun Harold Moukoudi gagal membuat Kamerun kembali unggul. Bola yang disepak ke tengah, terlalu lemah dan gampang dimentahkan Gabal.

Sebaliknya Mohamed Abdel Monem membawa Mesir unggul 2-1, sebelum Gabal kembali beraksi dengan mementahkan penalti James Lea Siliki.

Dalam kesempatan berikutnya, Mohanad Lasheen tidak membuat kesalahan, karena mengecoh Onana dan membawa Mesir unggul 3-1.

Mohamed Salah yang sudah disiapkan sebagai eksekutor, ternyata tidak perlu mengambil penalti. Penyebabnya eksekusi Clinton Njie meleset dari sasaran.

Mesir pun menang 3-1 dan lolos ke final untuk menghadapi Senegal, Senin (7/2) dini hari Waktu Indonesia Tengah. Dengan demikian, Mohamed Salah akan terlibat perang satu klub dengan Sadio Mane.

Final tersebut menjadi kesempatan Mesir memperbanyak koleksi trofi juara. The Pharaoh sendiri menjadi negara tersukses di Piala Afrika dengan 7 gelar dari sembilan kesempatan bermain di final.

Sedangkan Senegal belum pernah menjadi juara Piala Afrika. Pencapaian terbaik Lions of Teranga adalah menjadi runner up edisi 2002 dan 2019.

Pertama kali lolos ke final, Senegal dikalahkan Kamerun melalui adu penalti. Sedangkan di final 2009, mereka ditekuk Aljazair dengan skor 0-1.



Komentar
Banner
Banner