Arus Balik 2023

Demi Keselamatan, Ini Tips Menghadapi Puncak Arus Balik Lebaran

Pemerintah Indonesia memprediksi puncak arus balik lebaran 2023 terjadi pada 24 dan 25 April. Di masa ini, biasanya tingkat kemacetan lebih padat

Featured-Image
Tips mengadapi arus balik Lebaran. Dok apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia memprediksi puncak arus balik lebaran 2023 terjadi pada 24 dan 25 April. Di masa ini, biasanya tingkat kemacetan lebih padat ketimbang perjalanan mudik.

Sebab itulah, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum menghadapi arus balik mudik. Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Siapkan Kebutuhan selama Perjalanan

Selagi beristirahat, upayakan untuk tidur selama sekitar 30 menit di jeda istirahat kedua. Jika mengemudi melewati waktu enam jam, usahakan agar ada sopir pengganti untuk mengurangi keletihan.

Periksa Kendaraan

Lakukanlah pemeriksaan pada kendaraan pribadi sebelum digunakan untuk perjalanan arus balik mudik. Pastikan keadaan alat transportasi itu dalam kondisi layak, mulai dari mesin, oli, bahan bakar, rem, serta bermacam bagian penting lainnya.

Buat Suasana Kabin Nyaman

Selain memeriksa kondisi kendaraan, perlu juga mengatur posisi kabin sedemikian rupa agar nyaman.

Aturlah peletakan barang supaya tidak mengganggu ruang gerak penumpang, serta kapasitas penumpang itu sendiri agar tidak melebihi ketentuan.

Perhitungkan Bensin dan Saldo E-Toll
Bahan bakar dan saldo e-toll yang cukup merupakan salah satu syarat agar pemudik dapat berkendara dengan tenang di jalan tol.

Untuk itu, isilah bahan bakar kendaraan serta saldo e-toll sebelum berangkat. 

Sebaiknya, jangan mengandalkan pom bensin di rest area, sebab perjalanan akan lebih lama. Mengingat banyak kendaraan lain yang juga mengantre untuk mengisi bahan bakar, sehingga berisiko penuh dan macet.

Perhatikan Keselamatan

Jutaan orang yang bermobilitas di waktu bersamaan berpotensi menguras kesabaran. Untuk itu, pemudik harus mengelola emosi agar perjalanan tetap menyenangkan dan nyaman bagi keluarga.

Di samping itu, perlu juga untuk meningkatkan kewaspadaan akan tindakan kriminal yang bisa saja terjadi di jalanan, seperti perampokan.

Bila ingin beristirahat, lakukanlah di rest area yang ramai pemudik lain.

Demikianlah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan perjalanan kembali ke ibu kota. Semoga bermanfaat!

Editor


Komentar
Banner
Banner