Kalsel

Debat Perdana Pilgub Kalsel, Pengamat Prediksi Tema Agraria Jadi Sorotan

apahabar.com, BANJARMASIN – Debat publik perdana antar calon Gubernur Kalimantan Selatan akan berlangsung malam ini, Rabu…

Featured-Image
Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Ani Cahyadi.Sumber: istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Debat publik perdana antar calon Gubernur Kalimantan Selatan akan berlangsung malam ini, Rabu (4/11) pukul 20.00 WITA. Mengambil tema ‘Hukum, Hak Asasi Manusia, Kebangsaan, Agraria, Politik dan Pemerintahan’.

Dari sederet unsur dalam tema tersebut, pengamat politik Banjarmasin memprediksi Agraria akan menjadi sorotan dalam pembahasan debat kali ini.
“Semua aspek pada dasarnya menarik bagi kedua Paslon, terutama yang berkaitan dengan masalah agraria,” ucap Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Ani Cahyadi dihubungi bakabar.com, Rabu (4/11) siang.

Meminjam data Ombudsman RI Perwakilan Kalsel pada Januari-Juni 2020, dari 262 aduan masyarakat, 55 di antaranya terkait dengan sektor agraria. Jumlah ini termasuk dalam lima besar substansi laporan tertinggi di Kalsel.
“Yang menjadi menarik, karena (agraria) berkaitan dengan penguasaan dan pembebasan lahan serta permasalahan tanah lainnya,” kata dia

Berdasarkan jejak rekam masing-masing Paslon, keduanya dianggap memiliki keunggulan yang berbeda. Cagub Sahbirin Noor berpengalaman sebagai pemimpin daerah dinilai menguasai di kondisi lapangan, sementara cagub Denny Indrayana dengan latar belakang sebagai mantan Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham).

“Dipastikan masih mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya pada debat pertama masih mencari formulasi yang tepat bagi keduanya,” imbuhnya

Walau begitu, dia belum bisa memprediksi Paslon mana yang akan unggul dalam debat yang disiarkan secara langsung di stasiun TVRI tersebut. Dia menyebutkan, keduanya bisa saja akan saling menggunakan teknik retorika ataupun substansi pada ajang diskusi nanti.



Komentar
Banner
Banner