Kalsel

Datang ke Kalsel, Komisi IV DPR RI Tinjau Kondisi Lahan dan Hutan

apahabar.com, BANJARBARU – Rombongan Komisi IV DPR RI beserta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan kunjungan…

Featured-Image
Rudy Resnawan melakukan penanaman pohon di MH2T. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARBARU – Rombongan Komisi IV DPR RI beserta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Selatan, Selasa (15/12). Didampingi jajaran Pemprov Kalsel, rombongan diajak berkeliling untuk memantau kondisi lahan dan hutan di kawasan Kalsel.

“Kami dari Komisi IV sangat bangga dengan program-program yang dilakukan oleh KLHK. Terutama hutan-hutan sosial yang sudah dibangun secara agro ekologi zone sesuai dengan pengembangan potensi wilayah, ” ungkap Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Endang Setyawati Thohari, di Tahura Sultan Adam.

Sebelumnya, kunjungan pertama dilakukan di Miniatur Hutan Hujan Tropis (MH2T) kawasan perkantoran pemprov Kalsel. Dinas Kehutanan berkesempatan memaparkan capaian keberhasilan pembangunan MH2T dan kondisi lahan kritis yang ada di Kalsel.

img

Rudy resnawan memberikan cinderamata kepada komisi IV DPR RI. Foto-bakabar.com/Musnita Sari

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon Meranti secara simbolis.

“Ini merupakan bentuk komitmen pusat dalam pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan. Untuk mengatasi jumlah lahan kritis di Kalsel yang cukup parah, ” kata Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan dalam sambutannya di MH2T.

Kalsel, ujarnya telah menargetkan program rehabilitasi pada 32 ribu hektar lahan di Kalsel sejak 2018. Untuk itu, pihaknya mengusulkan bantuan pemeliharaan terhadap area tersebut melalui dana APBN.

“Penanaman tentunya harus diiringi dengan pemeliharaan dan perawatan. Mudahan dapat direspon untuk dibebankan pada APBN, ” kata Rudy

Hal ini disambut baik oleh Komisi IV DPR RI, sebagai bentuk dukungan pengembangan daerah. Endang dalam wawancaranya kepada pers mengatakan daerah harus proaktif untuk mengusulkan hal tersebut. Komisi IV DPR RI kata dia akan mengawal agar anggaran tersebut tepat sasaran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

img



Komentar
Banner
Banner