Kalsel

Datang ke Banjarmasin, Sri Sultan HK Diservis Paman Birin

apahabar.com, BANJARMASIN – Kalimantan Selatan kembali kedatangan tamu istimewa. Kali ini Sri Sultan Hameng Kubowono (HK)…

Featured-Image
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Gubernur DIY, Sri Sultan HK saling bertukar cenderamata dalam acara ramah tamah bersama Sri Sultan Hamengkubowono X. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN - Kalimantan Selatan kembali kedatangan tamu istimewa. Kali ini Sri Sultan Hameng Kubowono (HK) X yang menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor di Gedung Mahligai Pancasila, Jumat (6/9) malam.

"Malam ini kita silaturahmi kepada pak Gubernur, karena ada acara besok pagi," ujar Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta ini kepada awak media.

Berbagai suguhan istimewa pun sengaja Paman Birin siapkan untuk menjamu para tamu undangan malam itu. Mulai dari perpaduan kuliner khas Kalsel dan Jogja yang disajikan secara prasmanan, hingga penampilan kesenian tradisional Kalsel.

Persembahan pertama yaitu adalah Tari Baksa Kembang. Ini adalah salah satu tarian yang biasanya dimainkan penari wanita sebagai tarian penyambutan tamu. Tidak ingin berhenti membuat para Kesultanan Yogyakarta berdecak kagum, Paman Birin juga menghadirkan pertunjukkan seni teater Mamanda.

"Mamanda budaya kita. Sebagai bentuk penghargaan, apresiasi kita terhadap budaya yang jangan sampai dilupakan. Banyak filosofi-filosofi yang bisa dijadikan bahan pelajaran untuk kita kembangkan," ungkap Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga menjadi kota tujuan para mahasiswa Banua dalam menempuh pendidikan. Untuk menguatkan hubungan antara dua provinsi ini, para Gubernur pun sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama.

"Pastinya dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan, kalau ada hal yang bisa kita kolaborasikan dengan daerah jogja akan segera dilakukan kerjasama, apakah ekonomi atau sebagainya," sambung orang nomor satu di Kalsel ini.

Baca Juga:Rapat Baru Dibuka, Anggota Dewan Langsung Pertanyakan Paman Birin

Baca Juga:Lepas Ketergantungan Batu Bara, Paman Birin Lirik Wisata Bahari

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner