Kalsel

Dari Kotabaru ke Jakarta: Ratna Si Pekerja Keras Tulang Punggung Keluarga

apahabar.com, KOTABARU – Ratna, peserta Grand Final Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 asal Kotabaru, Kalimantan Selatan,…

Featured-Image
Ratna, peserta Grand Final Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 asal Kotabaru, Kalimantan Selatan, dikenal sebagai wanita pekerja keras. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Ratna, peserta Grand Final Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 asal Kotabaru, Kalimantan Selatan, ternyata tak hanya pandai bernyanyi.

Wanita 24 tahun kelahiran Kotabaru itu dikenal sebagai sosok pekerja keras yang menjadi tulang punggung keluarga.

Cerita ini diperoleh bakabar.com dari orang tua Ratna yang tinggal di pesisir Pulau Laut, tepatnya Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru.

bakabar.com mencoba bertandang langsung ke rumah orang tua Ratna. Tak perlu waktu lama. Hanya perlu beberapa menit dari pusat kota. Namun, karena jalan masuk yang cukup sempit, kendaraan roda empat tak bisa masuk.

Setibanya di sana, wartawan bakabar.com disambut hangat oleh orang tua Ratna.

Ibunda Ratna, Rabiatul Adawiyah (45), kemudian bercerita bahwa selama ini dia bekerja mencuci pakaian dan mengasuh dua anak balita. Sementara suaminya berprofesi sebagai nelayan.

“Setiap hari saya buruh nyuci pakaian dan bapaknya ke laut,” ujar Rabiatul, Jumat (20/8).

Di tengah kondisi yang sulit, Ratna terus membantu menopang kebutuhan hidup keluarganya. Itu dia lakukan semenjak sekolah hingga sekarang.

Sebagai wanita, Ratna tergolong tegar. Semasa sekolah di SMAN 1 Kotabaru, orang tua Ratna tidak mampu membelikan baju seragam selama tiga tahun.

Suatu kali, baju Ratna robek. Agar tidak ketahuan teman-temannya, Ratna terpaksa menutupi bajunya menggunakan jaket.

“Saat itu Ratna pernah pakai baju robek. Tapi, supaya tidak dilihat teman-temannya, dia tidak melepas jaketnya,” ujarnya.

Ratna juga dikenal sebagai wanita yang pandai mengaji. Pulang sekolah dimanfaatkan Ratna untuk mengajar mengaji di salah satu Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kotabaru. Semua honornya dia serahkan kepada ibunya.

Selain mengajar anak-anak mengaji, Ratna juga masih menerima job menyanyi. Semua hasil jerih payahnya diberikan untuk kebutuhan keluarga.

“Kalau ada undangan nyanyi, dapat Rp150 ribu. Dia Rp 50, Ibu Rp 50 ribu dan adiknya juga dikasih Rp 50 ribu,” ucap Rabiatul.

Pada Grand Final LIDA 2021 nanti, orang tua Ratna terus menyampaikan doa terbaik untuk anaknya.

“Kami sebagai orang tua, sejak awal audisi hingga hari ini terus berdoa agar Ratna ini bisa menjadi juara LIDA tahun ini,” ujar Rabiatul Adawiyah.

Rabiatul menyakini Ratna layak menjadi yang terbaik, karena memiliki kegigihan, semangat tinggi, dan sebagai wanita, anaknya adalah sosok pekerja keras.

“Kami ini keluarga tak mampu. Ratna adalah tulang punggung kami. Semoga putri kami bisa menang. Bisa membanggakan Kotabaru dan Kalsel,” harapnya.

Hingga kini doa dan dukungan untuk Ratna terus mengalir, baik dari pejabat, pengusaha, dan masyarakat di Banua.

Grand Final LIDA 2021 akan disiarkan di Indosiar pada pukul 20.00 WIB malam ini.

Sementara cara memberikan dukungan untuk penyanyi 24 tahun itu yakni dengan vote Ratna di Shopee LIDA 2021 dan kirim SMS LIDA spasi Ratna ke 97288.

img

Orang tua Ratna berharap anaknya bisa mencapai prestasi tertinggi di LIDA 2021. Foto-Istimewa



Komentar
Banner
Banner