Kalsel

Dari Festival Durian, Tanah Laut Raih 3 Kategori Juara

apahabar.com, PELAIHARI – Festival Durian tingkat Provinsi Kalsel di Desa Kiram sudah berakhir. Kabupaten Tanah Laut…

Featured-Image
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyerahkan secara simbolis Piala Juara I pemenang kontes durian Tingkat Kalsel yang diterima Sekda Tala Dahnil Kifli. Foto-Humas Pemkab Tala

bakabar.com, PELAIHARI - Festival Durian tingkat Provinsi Kalsel di Desa Kiram sudah berakhir. Kabupaten Tanah Laut meraih 3 kategori juara.

Pada Festival Durian, Sabtu (18/1), Tanah Laut yang mengikutsertakan beberapa pemenang yang mengikuti Kontes Durian Unggul Lokal di Kabupaten Tanah Laut, Senin (13/1) lalu.

Uniknya yang menjadi Juara I di tingkat Kalsel justru yang pernah meraih harapan I di Tanah Laut. Sementara yang meraih Juara 1 kini menjadi Juara II di Festival Durian Tingkat Kalsel.

Tiga durian perwakilan Tala, Si Mangkal dari Desa Sungai Baru, Kecamatan Jorong, Hadangan dari Desa Panyipatan, Kecamatan Panyipatan, dan Si Tangkai Panjang dari Desa Bentok Darat, Kecamatan Bati-Bati memborong gelar juara.

Durian Si Mangkal dengan nilai 795 berhasil keluar sebagai juara pertama. Si Tangkai Panjang dengan nilai 735 sebagai Juara II dan Durian Hadangan dengan nilai 730 sebagai juara Harapan 1.

Hasil tiga gelar juara yang didapat dalam kontes yang konon disebut-sebut terbesar di seluruh Indonesia ini. Kemenangan itu disambut Sekda Tanah Laut, Dahnial Kifli dengan suka cita.

"Prestasi ini tentu patut kita banggakan. Karena tidak sedikit peserta yang mengikuti, juga memiliki kualitas yang baik," ujar Sekda Tanah Laut.

Selain meraih juara kedua, si Tangkai Panjang juga menjadi buah durian yang paling disukai Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor kembali meraih prestasi sebagai Juara Favorit.

Kegiatan kontes durian tahunan di Kalsel tersebut dihadiri lebih 24 ribu pengunjung dengan total buah tercatat 43 ribu durian lokal yang disediakan untuk dinikmati secara gratis.

Baca Juga:Dua Jenis Durian HST Sabet Juara Festival di Kiram Park

Baca Juga:Video: Pecah Rekor, Festival Durian Paman Birin di Kiram Berlangsung Meriah

Reporter: Ahc14
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner