Peristiwa & Hukum

Dampak Kemarau, Dua Desa di Astambul Banjar Krisis Air Bersih

Setidaknya dua desa di Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar mengalami krisis air bersih akibat kemarau, yaitu Desa Limamar RT 03 dan Pingaran Ulu RT 09.

Featured-Image
Petugas BPBD Banjar mendistribusikan air bersih ke Desa Limamar, Kecamatan Astambul. Foto-BPBD Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Dua desa di Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar mengalami krisis air bersih akibat kemarau, yaitu Desa Limamar RT 03 dan Pingaran Ulu RT 09.

Relawan dari Emergency Banjar Respons pun sempat mendistribusikan air bersih ke dua desa terdampak kekeringan tersebut. 

Bantuan air bersih juga datang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar. Bantuan BPBD sudah mengalir sejak akhir pekan kemarin.

"Setelah dapat laporan, saya langsung meminta tim di posko penanganan darurat bencana karhutla dan kekeringan untuk segera menyediakan tandon dan air bersih," ucap Kalak BPBD Banjar, Warsita saat dihubungi bakabar.com via WhatsApp, Selasa (8/8/2023).

Ia mengatakan, untuk hari Senin kemarin pihaknya mendistribusikan air tak kurang dari 10 ribu liter ke dua desa tersebut.

"Untuk hari ini kami masih menunggu informasi warga di sana, berapa kebutuhannya akan segera kami antar," ucap Warsita.

Ia menambahkan, jika ada desa lainnya yang kekurangan air bersih akibat kekeringan dipersilakan melaporkan ke BPBD Banjar atau melalui pemerintah desa, agar segera ditindaklanjuti.

Editor


Komentar
Banner
Banner