Tak Berkategori

Daftar Pejuang Demokrasi di Bawaslu Kalsel Alami Musibah Selama Pemilu 2019

apahabar.com, BANJARMASIN – Sukses pelaksanaan pemungutan suara di Pemilu 2019 menyisakan kisah. Selama suksesnya perhelatan pemilihan…

Featured-Image
Data Bawaslu RI menunjukkan banyaknya dari anggota Bawaslu mengalami musibah saat bertugas. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Sukses pelaksanaan pemungutan suara di Pemilu 2019 menyisakan kisah. Selama suksesnya perhelatan pemilihan serentak (Pilpres dan Pileg) tersebut terdapat sejumlah anggota Badang Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengalami musibah.

Mulai dari musibah kebakaraan yang menimpa rumah mereka saat bertugas, kondisi kelelahan sehingga harus dirawat inap, bahkan meninggal dunia.

Baca Juga: Sikap DPD Taruna Merah Putih Kalsel Pasca Pemilu 2019

Disamping itu, tak sedikit para anggota Bawaslu mengalami intimidasi dari orang-orang yang tidak dikenal. Khususnya saat mereka saat bertugas di hari pencoblosan.

img

Bawaslu Banjarmasin memberikan santunan kepada anggotanya yang mengalami musibah saat bertugas. Foto-bakabar.com/Ahya Firmansyah

Dari data Bawaslu RI, setidaknya di Kalsel juga tercatat ada beberapa kejadian yang menimpa anggotanya. Baik itu Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) maupun Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kalsel.

Khusus Kota Banjarmasin, melalui Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar bersama dengan jajaran Bawaslu Banjarmasin telah menyantuni rekan-rekan PTPS. Tak hanya itu, pengawas kelurahan yang mengalami musibah seperti kebakaran dan meninggal dunia juga demikian.

Baca Juga: Keliling Kota Banjarmasin, Kapolda Cek Kinerja PPK

“Kita turut berduka cita terhadap rekan-rekan kita yang mengalami musibah, dan telah berjuang memastikan pesta demokrasi ini berjalan lancar,” ujar Yasar.

“Memang setiap musibah yang datang tidak dapat kita prediksi sebelumnya, dan saya secara pribadi mengucapkan terima kasih banyak sebesar-besarnya kepada seluruh rekan Bawaslu yang telah berjuang sampai hari ini tanpa mengenal lelah,” pungkas Yasar.

img

Mereka yang disebut pejuang demokrasi. Foto-bakabar.com/Ahya Firmansyah

Baca Juga: Sri Nurnaningsih: Keterwakilan "Kaum Kartini" di Parlemen Masih Kurang

Beberapa kejadian tersebut dialami mereka yang disebut sebagai pejuang demokrasi. Berikut data kejadian menimpa pejuang demokrasi se Kalsel saat bertugas:

• Bawaslu Kota Banjarmasin

1. Hamsani Muhammad, Anggota Panwascam Banjarmasin Tengah (Meninggal dunia, Laka Tunggal)

2. Yulamlam Ibrahim, PPL Teluk Tiram (Sakit)

3. Supiani, PTPS Kelurahan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Barat bertugas di TPS 9 (Rumah Terbakar)

4. Winda Astuty, PTPS Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur betugas di TPS 26 (Rumah Terbakar)

5. Abdul Mutalib, PTPS Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, bertugas di TPS 50 (Rumah Terbakar)

6. Evi Dwiyanti, PTPS Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur, bertugas di TPS 21 (Rumah Terbakar)

Baca Juga: Penghitungan Suara Terbaru KPU di Kalsel, 21 April : 01 (31.33%), 02 (68.67%)

7. Maspiah, PTPS Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Selatan, bertugas di TPS 27 (Melahirkan saat Bertugas)

8. Petugas PTPS Kelurahan Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, bertugas di TPS 16 (Mendapat intimidasi orang tidak dikenal)

9. Petugas PTPS Kelurahan Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, bertugas di TPS 25 (Mendapat intimidasi orang tidak dikenal)

• Bawaslu Kabupaten Batola

1. Halbi Kariama, PPDK Simpang Arja, Kecamatan Rantau Badauh. (Masih dirawat sakit, pasca melahirkan saat menyerahkan laporan Formulir C1)

• Bawaslu Kota Banjarbaru

1. Mujiat S.Sos, Panwaslu Kelurahan Landasan Ulin Timur (Sakit types dan maag kronis, sempat opname di RSUD Idaman sejak 14/04/2019 hingga 18 April 2019, karena kelelahan dan drop pasca Penertiban APK)

• Bawaslu Kabupaten HSU

1. Drs Masran Ansyahri, Ketua Panwascam Danau Panggang (Sakit)

Baca Juga: Rosehan Apresiasi 'Kartini' Terjun ke Dunia Politik

• Bawaslu Kabupaten HST

1. Fahrianto, Ketua Panwascam Labuan Amas Selatan (Sakit)

2. Muhammad Safwan, PTPS Desa Awang Kecamatan Batara bertugas di TPS 5 (Mengalami kecelakaan lalu lintas saat mengantar Formulir C1)

3. Leni Partika Niken Tiasih, PPKD Abung, Kecamatan Limpasu (Pendarahan saat pulang apel siaga Patroli)

4. Rini Hartati, Anggota Panwascam BAT (Kelelahan, sampai alamai sesak nafas di rawat di IGD Puskesmas setempat)

• Bawaslu Kabupaten Banjar

1. Ristiana, PTPS Desa Bawahan Pasar, Kecamatan Mataraman, bertugas di TPS 01 (Saat mengantar laporan rekap ke Sekretariat Panwaslu Mataraman pingsan karena kelelahan, dirawat di RS Danau Salak)

2. Arbainah, PPKD Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk (Melahirkan setelah pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dirawat RS Ratu Zaleha)

• Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu

1. Mohammad Laode, PTPS G. Antasari, Kecamatan Simpang Empat, bertugas di TPS 23 (Faktor Kelelahan, dirawat inap RS Marina)

Baca Juga: Target Nasdem Masuk Tiga Besar di Kalsel Bergeser

• Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Selatan

1. Yuda, PTPS Desa Amawang Kiri, Kecamatan Kandangan, bertugas di TPS 09 (Setelah mengawasi mengantar kotak suara ke PPS dan Laporan C1 ke PKD kelelahan dan sakit. Sekarang masih opname di RSUD Hasan Basri, Kandangan)

Reporter: Ahya FirmansyahEditor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner