Banjarmasin Hits

Cuaca Panas, Karhutla Ancam Kalsel Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini.

Featured-Image
Karhutla di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah hanguskan belasan hektare lahan. Foto - Pusdalops BPBD Tapin.

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini.

Dalam laman resminya dikutip bakabar.com, Senin (30/10), BMKG memprakirakan potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dapat memicu kabut asap di Kalsel.

Suhu udara tertinggi di Kalsel hari ini diprakirakan mencapai 35 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 95 persen.

Kondisi itu dapat memicu Karhutla di Kalsel. Karena itu, BMKG mengimbau kepada warga Kalsel agar waspada Karhutla.

"Waspada potensi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan kabut asap di seluruh wilayah kota/kabupaten di Kalimantan Selantan," tulis BMKG.

Lebih jauh, untuk cuaca Kalsel di 13 kabupaten/kota seluruhnya terpantau cerah berawan. Demikian pula pada malam hari nanti.

Sementara pada siang hari, meski cuaca panas, namun BMKG melihat adanya potensi hujan ringan turun. Seperti di Banjarbaru, Banjarmasin, Batulicin (Tanah Bumbu), Kotabaru, Marabahan (Barito Kuala), Martapura (Kab Banjar), Paringin (Balangan), Pelaihari (Tanah Laut), Rantau (Tapin) dan Tanjung (Tabalong).

Secara umum suhu udara di Kalsel berkisaran antara 24-35 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban antara 50-95 persen.

Editor


Komentar
Banner
Banner