Banjarmasin Hits

Cuaca Kalsel Hot, BMKG: Waspada Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (15/10) hari ini.

Featured-Image
Karhutla di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah hanguskan belasan hektare lahan. Foto - Pusdalops BPBD Tapin.

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (15/10) hari ini.

Menurut pantauan BMKG, cuaca di 13 kabupaten/kota Kalsel kembali panas, dengan suhu udara tertinggi mencapai 35 derajat celcius.

Suhu udara yang panas memicu potensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalsel. Bahkan, pada pagi dan dini hari nanti terpantau kabut asap.

Kabut asap kembali menyelimuti Kota Banjarbaru, Banjarmasin, Marabahan (Kabupaten Barito Kuala) dan Martapura (Kabupaten Banjar).

Meski begitu kabut asap tidak berlangsung lama. Sementara cuaca untuk 9 kabupaten lainnya pada pagi hari terpantau cerah berawan hingga berawan.

BMKG mengimbau kepada warga Kalsel untuk tetap waspada dengan potensi karhutla, kendati tadi malam di Banjarmasin dan sekitarnya telah turun hujan.

"Waspada potensi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan kabut asap di seluruh kota/kabupaten di Kalimantan Selatan," tulis BMKG dikutip bakabar.com lewat laman resminya.

Meski cuaca panas, namun BMKG juga melihat adanya potensi turun hujan ringan pada siang/sore dan malam hari.

Hujan ringan pada siang/sore hari turun di seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Sementara untuk malam hari di Amuntai (Hulu Sungai Utara), Banjarmasin, Marabahan, dan Rantau (Kabupaten Tapin).

Editor


Komentar
Banner
Banner