Hot Borneo

Cuaca Cerah, Debit Sungai Amandit HSS Kembali Normal

apahabar.com, KANDANGAN – Hari ini, debit Sungai Amandit di Bendungan Malutu Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai…

Featured-Image
Sungai Amandit di kawasan Pegunungan Meratus Loksado kembali normal.Foto-apahabar.com/Nuha

bakabar.com, KANDANGAN – Hari ini, debit Sungai Amandit di Bendungan Malutu Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah kembali normal, Minggu (25/9).

Kondisi itu setelah kemarin Sungai Amandit sempat mengalami peningkatan hingga siaga 1 banjir atau zona merah.

Saat ini kondisi cuaca di wilayah HSS cerah pascahujan kemarin mengguyur kawasan hulu Pegunungan Meratus hingga hilir Kota Kandangan dan sekitarnya dari sekitar pukul 06.00 sampai dengan 17.00 Wita.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS, Kusairi menyampaikan bahwa debit air mengalami penurunan sejak tadi malam.

“Malam sudah mulai turun, Alhamdulillah kembali normal,” kata Kusairi kepada bakabar.com, Minggu.

Meskipun demikian, Kusairi meminta masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai tetap waspada jika sewaktu-waktu debit air kembali naik.

img2

Petugas membersihkan tanah longsor di Desa Hulu Banyu Loksado, HSS.
Foto-BPBD HSS/bakabar.com

Pihaknya juga berpesan kepada pengendara yang melintas maupun masyarakat yang tinggal di kawasan Pegunungan Meratus selalu waspada bencana tanah longsor dan pohon tumbang.

Pasalnya, kejadian bencana longsor terjadi di jalan Desa Hulu Banyu RT 4, Kecamatan Loksado pada Sabtu (24/9) kemarin sekitar pukul 16.00 Wita.

Tim siaga bencana langsung melakukan penanganan dengan membersihkan jalan menggunakan peralatan manual serta mesin pompa air portable.

“Akibat hujan ditambah kondisi tanah pegunungan yang labil. Sudah kami tangani bersama Tim Reaksi Cepat BPBD HSS, TNI, Pemadam Kebakaran dan masyarakat,” jelasnya.

BPBD HSS terus memantau kondisi terkini di seluruh wilayahnya untuk mencegah, mengantisipasi serta melakukan penanganan kalau sewaktu-waktu ada bencana yang datang.

Komentar
Banner
Banner