Kalsel

CPNS Kalsel 2021 Kembali Dibuka, Formasi Guru Paling Banyak

apahabar.com, BANJARBARU – Tak lama lagi pemerintah akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dari…

Featured-Image
Ilustrasi tes CPNS. Foto: Tempo.co

bakabar.com, BANJARBARU – Tak lama lagi pemerintah akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Dari pusat mengumumkan penerimaan CPNS dengan jumlah total sekitar 1,3 juta.

Dalam rinciannya, dibutuhkan 1 juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) melalui skema yang menjadi program Kemendikbud RI, khusus untuk pemda.

Sedangkan di luar guru adalah 189.000 formasi. Terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119.000 formasi serta untuk jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan.

Sementara, untuk Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sendiri, dari keterangan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel, Sulkan, menjelaskan ada usulan sebanyak 2.124 formasi untuk PPPK.

“Guru dengan jumlah 1.894, tenaga kesehatan 191 dan tenaga teknis lainnya ada 39,” ucap Sulkan merincikan, Rabu (17/03)

Sulkan bilang, untuk formasi CPNS di lingkungan provinsi ada 488 formasi. Dengan kebutuhan tenaga kesehatan sebanyak 239 formasi dan tenaga teknis ada 249.

“Selanjutnya akan menunggu persetujuan dari Kemenpan RB [Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi]. Apakah disetujui semuanya atau sebagian formasinya saja,” tutur Kepala BKD Kalsel.

Adapun Kemenpan RB sebelumnya menyatakan, penetapan akhir formasi CPNS tahun ini akan diumumkan ke publik pada Maret 2021.



Komentar
Banner
Banner