Arus Mudik 2023

Contraflow Arus Mudik, Polda Jabar Fokus Atur Jalur Arteri

Polda Jabar akan mengatur jalur arteri, imbas contraflow yang dilakukan Korlantas Polri

Featured-Image
Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Ibrahim Tompo (Foto: apahabar.com/Regent)

bakabar.com, JAKARTAContraflow yang dilakukan di Tol Jakarta-Cikampek, belum membuat perubahan yang berarti bagi jalur arteri. Pihak Polda Jawa Barat mengaku fokus kepada penguraian di jalur arteri.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Ibrahim Tompo saat meninjau rest area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek.

“Memang efek dari pelaksanaan contraflow ini berimbas kepada arteri. Jadi kita menjadi fokus pengaturan di jalur arteri. Dari pantauan yang ada, masih terlihat semuanya normal. Peningkatan juga sampai saat ini tidak terlalu signifikan,” ujar Ibrahim kepada wartawan, Selasa (18/4).

Baca Juga: H-3 Jelang Idulfitri, Jalur Arteri Tangerang Mulai Mengalami Kepadatan Lalu Lintas

Menurutnya, diperkirakan peningkatan arus mudik akan dimulai pada malam nanti, hingga esok hari.

“Tapi perkiraan kerawanan peningkatan nanti malam sampai dengan besok, jadi H-2 sudah cukup rentan sehingga ini personel di lapangan sudah standby pengaturan arus lalu lintas,” ungkapnya.

Sejauh ini, volume kendaraan tercatat di angka 27.000 kendaraan pada hari H-7 lebaran. Angka tersebut mendapat peningkatan menjadi 60.000 kendaraan per hari ini.

Baca Juga: Truk Logistik Vital Diizinkan Lewat Jalan Tol-Arteri Saat Arus Mudik

Menurutnya, angka tersebut mengalami kenaikan, jika dibandingkan dengan gelaran mudik tahun lalu.

Kini, arus kendaraan relatif lancar meski terdapat peningkatan dari segi volume kendaraan. Kecepatan yang dapat ditempuh oleh para pengguna jalan adalah 80-90 Km/jam.

Upaya berupa penambahan jalur pun berhasil membuat arus perjalanan tetap lancar.

Baca Juga: Ada Contraflow dan One Way, Gimana Nasib Bus AKAP saat Arus Mudik?

“Karena fasilitas jalan yang memang sudah ditambah. Jadi jalur sudah ditambah (itu), terlihat di lapangan bahwa walau terjadi peningkatan dari volume kendaraan, tapi arusnya tetap lancar,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner