Arus Mudik 2023

Cek Pelabuhan Merak, Kapolri Pastikan Keamanan Mudik Lebaran 2023

Kapolri mengecek kesiapan arus mudik untuk lebaran 2023 di Pelabuhan Merak

Featured-Image
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Pelabuhan Merak untuk kesiapan mudik 2023 (Foto: Dok. Polri)

bakabar.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan Pelabuhan Merak untuk arus mudik dan balik di Hari Raya Idul Fitri tahun 2023. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi meminta kementerian atau lembaga negara serta Polri mewujudkan mudik aman.

"Sesuai arahan Pak Presiden kami di bawah jajaran Menko PMK diminta untuk lebih awal melakukan pengecekan dan perencanaan bersama. Hal ini untuk menghadapi arus mudik dan balik tahun 2023 agar lebih baik," ujar Kapolri di Pelabuhan Merak, Selasa (11/4).

Dari hasil tinjauannya, Sigit menyebut kesiapan arus mudik telah berjalan dengan baik. Hal itu mulai dari ketersediaan tempat parkir, penambahan kapasitas rest area, hingga pengaturan penggunaan Pelabuhan Ciwandan.

Sekedar informasi, pemerintah telah memutuskan untuk menggunakan Pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif dan mengurai kepadatan dari Pelabuhan Merak bagi masyarakat yang ingin mudik 2023.

"Dari hasil pengecekan bersama, sudah ada beberapa penambahan kapasitas rest area, tempat parkir, dan pengaturan antara Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan. Ini bisa bermanfaat untuk mengurangi beban terhadap risiko kepadatan yang terjadi," ungkapnya.

Ia pun meminta jajarannya agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, ia menyebut rambu-rambu menuju Pelabuhan Ciwandan harus dipersiapkan dengan baik.

"Agar terkait penggunaan Pelabuhan Ciwandan sebagai salah satu yang diaktifkan untuk kendaraan roda dua dan enam ini betul-betul disosialisasikan dari awal. Demikian juga dengan rambu-rambu, sehingga masyarakat yang masih belum tahu arah ke Ciwandan ini bisa tahu dan tidak terjadi crowded," katanya.

Selain itu, dirinya menghimbau masyarakat agar dapat melakukan mudik pada siang hari. Menurutnya, pemudik yang melakukan perjalanan pada malam hari cenderung lebih banyak.

Di kesempatan itu, ia pun memastikan jajarannya telah siap mengamankan jalur mudik lebaran 2023, khususnya yang mengarah ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

"Yang jelas, mulai masuk ke Ciwandan sampai dengan nanti turun apakah memilih (Pelabuhan) Panjang atau Bakauheni, saya minta seluruh jajaran Polri untuk mengawal dan mengamankan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner