kabar viral

[Cek Fakta] Viral Tangan Warga Seruyan Putus Diterkam Buaya

Beredar video seorang warga menjadi korban terkaman buaya di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalteng.

Featured-Image
Ilustrasi buaya. Foto: Dok.apahabar.com

bakabar.com, SAMPIT - Beredar video seorang warga jadi korban terkaman buaya di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalteng. Membuat resah warga dan para penghobi mancing.

"Orang diterkam buaya di Kuala Pembuang pagi ini, dapat kiriman dari kawan di Kuala orang mancing," kata Samsudin, salah seorang pemancing, Senin (8/1).

Baca Juga: Lawan Hoaks Jelang Pemilu, AJI Beri Pelatihan Cek Fakta ke Mahasiswa

Namun setelah dilakukan penelusuran dan cek fakta kebenarannya, ternyata video warga diterkam buaya tersebut bukan berasal dari Kuala Pembuang. Melainkan Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Komandan Pos Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit, Kalteng, Muriansyah, menanggapi bahwa video warga Kuala Pembuang yang diterkam buaya hingga tangannya putus tidak benar.

Baca Juga: [Cek Fakta] Jadwal Haul ke-19 Guru Sekumpul

"Tadi, setelah dapat video tersebut saya langsung menelusurinya. Pertama saya hubungi teman-teman di TNTP Kuala Pembuang, terus dokter di RS Kuala Pembuang tidak ada serangan buaya yang dirawat di IGD RS," terangnya

Untuk memastikan lagi kebenarannya, Muriansyah juga menghubungi pihak Polisi Air (Polair) setempat. Ternyata juga tidak ada informasi serangan buaya tersebut.

"Lalu saya koordinasi dengan kawan-kawan BKSDA Kalteng, dan hasilnya ternyata di Bangka Selatan," pungkasnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner