Cek Fakta

[CEK FAKTA] Koin Bisa Berdiri Stabil di Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kereta cepat Jakarta-Bandung kabarnya bisa membuat koin Rp500 berdiri stabil sekali pun tengah melaju.

Featured-Image
Video yang menunjukkan koin berdiri stabil saat kereta cepat Jakarta-Bandung tengah melaju (Foto: Instagram/ridwankamil)

bakabar.com, JAKARTA – Segala macam benda kemungkinan akan berguncang saat dibawa naik kereta. Namun, tidak demikian dengan kereta cepat Jakarta-Bandung, yang kabarnya bisa membuat koin Rp500 berdiri stabil sekali pun tengah melaju.

Hal itu sebagaimana diklaim oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pada Rabu (21/6), dia mengunggah sebuah video di akun Instagram pribadinya yang menunjukkan koin Rp500 tetap berdiri stabil.

“Kereta ini sangat cepat dan getarannya minim, sehingga koin 500 rupiah bisa berdiri dengan sikap sempurna tanpa dilem aica aibon,” demikianlah sepenggal keterangan video itu, dikutip Jumat (23/6).

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, video serupa ternyata juga pernah menghebohkan jagat maya. Sebulan sebelum unggahan Kang Emil, tepatnya pada Rabu (24/5), akun TikTok @indonesianrailfans membagikan narasi yang mirip.

Akun tersebut mengunggah sebuah video yang menunjukkan koin Rp500 dalam posisi tegak. Koin itu tetap berdiri stabil meski kereta cepat Jakarta-Bandung melaju dengan kecepatan 180 km/jam.

Selain koin, terlihat juga sebotol air minum kemasan masih tetap tenang dan tidak terguncang selama kereta melaju. “Koin, air tidak goyang. Koin tidak goyang sama sekali, 180 km/jam," kata seseorang dalam video tersebut.

Lantas, benarkah koin sama sekali tidak goyang saat kereta cepat Jakarta-Bandung melaju? Apa penyebabnya?

Penelusuran Fakta

Manager Corporate Communication Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), Emir Monti, membenarkan bahwa koin yang berdiri tidak akan terjatuh meski kereta melaju dengan kecepatan tinggi. Sebab, kereta ini bergerak stabil dengan guncangan yang minim.

“Kestabilan tersebut dapat terjadi akibat kondisi rel yang bisa dibilang sangat rata,” jelasnya, dikutip dari Kompas.com.

Kestabilan itu pun, kata dia, didapat setelah rel kereta cepat Jakarta-Bandung dilakukan fine adjustment alias penyesuaian halus. Tujuannya, untuk memastikan tak ada gelombang pada rel.

“Pada jalur yang lurus, kedua batang rel KCJB dibuat sangat sejajar ketinggiannya dengan tingkat akurasi hingga satuan milimeter. Sehingga saat KCJB melaju dalam kecepatan 350 km/jam, penumpang tidak merasakan guncangan yang mengganggu kenyamanan,” ungkapnya.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan koin Rp500 tidak terguncang, bahkan tetap berdiri stabil, saat kereta cepat Jakarta-Bandung melaju adalah benar. Hal itu bisa terjadi karena moda transportasi tersebut minim guncangan.

Editor
Komentar
Banner
Banner