Kalsel

CEK FAKTA: Benarkah Duta Mall Banjarmasin Resmi Ditutup?

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebuah pesan berantai terkait Virus Corona marak beredar di grup percakapan whatsApp ataupun…

Featured-Image
Petugas tengah memeriksa pengunjung Duta Mall Banjarmasin menggunakan alat Thermal Scanner. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Sebuah pesan berantai terkait Virus Corona marak beredar di grup percakapan whatsApp ataupun media sosial.

Di Kalsel, beredar kabar bahwa Duta Mall Banjarmasin tutup sementara waktu.

Penutupan itu sebagai dampak penyebaran Virus Corona sampai Selasa (31/3) depan. Nama Transmart hingga Bioskop XXI masuk dalam pesan itu.

Pesan itu beredar dalam bentuk tangkapan layar, tidak diketahui siapa yang membuatnya pertama kali.

Menanggapi demikian, Manajer Operasional Duta Mall Banjarmasin, Yenni Purnawati memastikan informasi penutupan itu hoaks alias tidak benar.

"Tidak benar informasi itu meresahkan masyarakat. Saat ini Duta Mall Banjarmasin masih buka normal dan belum mengeluarkan keputusan apa pun untuk penutupan,” ujarnya ketika dihubungi bakabar.com, Jumat (20/3).

img

Namun Duta Mall tetap mengimbau untuk anak sekolah yang libur untuk tidak ke pusat perbelanjaan modern terbesar di Kalsel itu mengacu edaran Wali Kota Ibnu Sina.

Yenni menganjurkan untuk para siswa itu lebih baik tetap belajar di rumah seperti biasa.

Sebab pusat pembelanjaan terbesar di Kalsel ini tidak memperbolehkan anak tanpa pengawasan orang tua masuk berkunjung.

"Kalaupun ingin ke Duta Mall lebih baik didampingi orang tuanya dan tetap jaga kebersihan dan kesehatan," tegasnya.

Duta Mall, kata dia, sudah meningkatkan kebersihan. Setiap sudut fasilitas pusat pembelanjaan terbesar tersebut disterilkan.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan secara berkala. Sasarannya, seperti dinding, lantai, eskalator, lift, kamar mandi, tempat ibadah hingga pertokoan.

"Jadi sesuai dengan petunjuk wali kota untuk anak sekolah diliburkan dan kami mengantisipasi keamanan serta kebersihan mereka serta pengunjung lain," ucapnya.

Bahkan untuk penyemprotan skala lebih kecil juga dilaksanakan. Periode penyemprotan dengan antiseptik ini setiap 2 jam sekali. Seperti membersihkan tombol lift, pegangan pintu hingga ruang publik lainnya.

Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang menjangkit sistem pernapasan manusia tersebut.

"Seperti yang Kita tahu, virus Corona menempel pada suatu benda dengan waktu tertentu. Jadi Kami mengantisipasi hal itu dengan membersihkan setiap dua jam sekali," pungkasnya.

Selain itu, Duta Mall Banjarmasin juga mengantisipasi peredaran wabah ini dengan memeriksa setiap pengunjung yang masuk menggunakan alat Thermal Scanner. Pemeriksaan dilaksanakan setiap hari untuk mendeteksi pengunjung dengan suhu tubuh di atas rata-rata.

Reporter: Bahaudin QusairiEditor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner