Habar Ramadan

[Cek Data] Ramadan 2023, Es Buah Takjil Favorit di Indonesia

Es buah menjadi takjil favorit masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa saat Ramadan.

Featured-Image
Ilustrasi es buah. FOTO/Cookpad

bakabar.com, JAKARTA - Dalam bahasa Arab, Takjil sebenarnya berarti perbuatan untuk menyegerakan saat waktu berbuka puasa. Namun seiring perkembangan zaman, takjil identik dengan objek untuk berbuka, seperti halnya kudapan. 

Masyarakat pada umumnya menilai takjil adalah kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa, biasanya berupa makanan ringan dan manis. 

Beragam takjil kerap tersaji untuk buka puasa bagi umat muslim di Indonesia saat Ramadan. Jenisnya mulai dari buah-buahan, minuman manis, hingga gorengan.

Takjil Favorit Masyarakat Indonesia.
Takjil Favorit Masyarakat Indonesia.

Dari beragam jenisnya, es buah menjadi takjil favorit masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa saat Ramadan. Ini sebagaimana disampaikan oleh 33% dari 2.915 responden dalam survei Populix.

Es campur menyusul di urutan kedua lantaran dipilih oleh 27% responden. Kemudian, aneka gorengan menjadi takjil favorit bagi 17% responden untuk berbuka puasa saat ramadan.

Sebanyak 9% responden menjadikan kue jajanan pasar sebagai takjil favoritnya untuk berbuka puasa saat Ramadan.

Lalu, 7% responden memilih es pisang ijo sebagai takjil paling disukai. Ada pula 3% responden yang memilih kolak sebagai takjil favorit untuk berbuka puasa saat Ramadan. Sedangkan, hanya 2% responden yang memilih bubur sumsum.

Sekadar tahu, Populix adalah perusahaan penyedia layanan consumer insights yang menghubungkan bisnis dengan kumpulan responden berkualitas dan tepat sasaran di seluruh Indonesia.

Editor


Komentar
Banner
Banner