LIFESTYLE

Cantik Tanpa Modal, Ini 5 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah

Kulit wajah mulus lagi bening bisa diraih tanpa perlu merogoh kocek fantastis, melainkan cukup bermodalkan air cucian beras

Featured-Image
Air cucian beras bermanfaat untuk kulit wajah (Foto: HonestDocs)

bakabar.com, JAKARTA - Siapa yang enggan punya kulit wajah mulus lagi bening bak bintang Korea di layar kaca? Penampilan serupa ternyata bisa diraih tanpa perlu merogoh kocek fantastis, melainkan cukup bermodalkan air cucian beras.

Manfaat air beras untuk wajah memang tak bisa disepelekan. Sebab, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Selain itu, air cucian beras juga masih memiliki segudang manfaat lain untuk wajah. Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Mencerahkan Wajah

Kandungan gamma-oryzanol dalam air cucian beras juga mampu membuat kulit tampak lebih cerah. Tak cuma itu, air beras juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. 

Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit. Kendati demikian, efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mencegah Penuaan Dini

Selain memudarkan bintik hitam, vitamin E dalam air beras juga mampu menghambat proses penuaan dini. Sebab itulah, mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Sebuah studi bahkan menyatakan kandungan antioksidan yang tinggi dalam air beras dapat menghambat aktivitas elastase. Elastase sendiri ialah salah satu enzim yang dapat merusak elastisitas kulit. 

Itu artinya, penggunaan air rebusan beras untuk wajah mampu mempertahankan elastisitas kulit, serta memperlambat tanda-tanda penuaan.Tak hanya itu, air cucian beras juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. 

Dengan demikian, kulit wajah bisa lebih kencang dan terbebas dari kerutan.

Mengatasi Paparan Sinar UV 

Sebagaimana disinggung di awal, air cucian beras bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Ini bukan cuma karena kandungan gamma-oryzanol, air beras juga diyakini memiliki senyawa lain.

Menurut International Journal of Cosmetic Science, kandungan tersebut berupa senyawa alami tertentu yang umumnya ditemukan dalam sunscreen atau tabir surya.

Mengatasi Jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. 

Meski begitu, efektivitasnya masih belum jelas dan masih dibutuhkan penelitian untuk memastikan manfaat ini.

Memperbaiki Skin Barrier

Kandungan pati dalam air beras juga mampu memperbaiki skin barrier atau penghalang alami. Ini merupakan lapisan yang membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang boleh jadi menyebabkan kerusakan kulit. 

Itulah sedikitnya lima manfaat air cucian beras bagi kecantikan. Kalau Anda berminat memakai bahan ini untuk perawatan wajah, caranya cukup mudah. 

Salah satu caranya, rendam beras yang sebelumnya sudah dicuci bersih selama 30 menit. Saring air bekas cucian itu ke dalam mangkuk bersih, kemudian oleskan pada wajah. Cukup sederhana, bukan?

Editor


Komentar
Banner
Banner