debat cawapres

Cak Imin: Dana 1 Persen IKN Bisa Bangun Seluruh Jalan di Kalimantan

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar klaim dana 1 persen untuk IKN Nusantara hampir bisa bangun seluruh jalan di Kalimantan

Featured-Image
Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskanda. Foto: Tangkap Layar YouTube KPU

bakabar.com, JAKARTA - Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar klaim dana 1 persen untuk IKN Nusantara hampir bisa bangun seluruh jalan di Kalimantan.

Muhaimin alias Cak Imin mengatakan dana 1 persen IKN itu hampir Rp500 triliun.

"Yang penting baca skala prioritas seluruh proyek besar yang ambil itu kalau hanya andalkan APBN hampir Rp500 triliun. Padahal 1 persen saja, untuk bangun jalan seluruh Kalimantan beres," ujar Cak Imin dalam debat cawapres, Jumat (22/12) malam.

Selain bisa membangun jalan, Ketua PKB itu juga ngeklaim dana 3 persen IKN Nusantara mampu membangun sekolah di penjuru Kalimantan.

Baca Juga: Ada Pesona Nafa Urbach Pendukung Cak Imin

Cak Imin menjawab hal tersebut setelah dirinya merespons cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang mengatakan APBN hanya membiayai 20 persen pembangunan IKN.

"Banyak yang gagal paham, gak semua pakai APBN. Yang pakai hanya 20 persen, sisanya investasi swasta dan luar negeri, ini yang banyak gagal paham," ujar Gibran.

KPU kembali menggelar debat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat malam (22/12).

Baca Juga: Cak Imin Penasaran Cara Gibran Tarik Investor di Solo, Begini Caranya

Para cawapres bakal turun gelanggang beradu gagasan. Mencakup isu perekonomian rakyat, investasi, APBN, pajak hingga perkotaan.

Debat seri kedua ini, KPU membaginya dalam enam segmen. Mencakup penyampaian visi dan misi, pertanyaan oleh moderator dan panelis, pertanyaan oleh cawapres, segmen saling menaggapi, dan penutup serta kesimpulan kandidat.

Editor


Komentar
Banner
Banner