Pemilu 2024

Cak Imin Batal Hadiri Gema Al-Qur'an di Tala karena Dicekal, PKB: Usut Dalangnya

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta untuk mengusut penjegalan kehadiran Ketua Umum Muhaimin Iskandar dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional

Featured-Image
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Ketua DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin batal hadiri Gema Al-Qur'an 2023 di Tanah Laut (Tala), Selasa (5/9/2023). Diduga karena dicekal.

Dugaan pencekalan Cak Imin di Gema Al-Qur'an sekaligus MTQ Nasional ke-9 dan MTQ Internasional ke-13 hasil kolaborasi Pemkab Tala dengan organisasi qari dan penghafal Al-Qur'an Jam’iyatul Qurro’ wal Huffadz Nahdatul Ulama (JQHNU) RI itu diutarakan Waketum PKB, Jazilul Fawaid di Jakarta, Selasa sore.

Menurut Jazilul, ada pihak tertentu mengintimidasi Bupati Tala, HM Sukamta agar menolak kehadiran Cak Imin, yang hadir sebagai Wakil Ketua DPR RI.  

Lantas, PKB pun dengan tegas meminta untuk mengusut penjegalan kehadiran Cak Imin di kegiatan keagaamaan yang diikuti oleh 9 negara Asia di halaman Stadion Pertasi Kencana, Pelaihari, Tala tersebut.

"Kami berharap diusut siapa dalang dan apa motif mereka yang mengintimidasi Bupati Tanah Laut untuk menolak kehadiran Gus Imin pada arena MTQ. Sungguh, ini kejadian aneh," kata Jazilul Fawaid.

"Mengaku mendapat tekanan, ancaman dan intimidasi dari pihak tertentu agar Gus Imin ditolak memberikan sambutan pada acara tersebut," jelasnya.

Cak Imin tadinya akan membuka gelaran tersebut sehingga meminta jadwal pemanggilan KPK terkait dugaan korupsi di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Lantas, kabar miring pun beredar jika pembatalan kehadiran Cak Imin diklaim akibat dijemput KPK. "Salah besar, itu berita hoax dan teror saja," kata Jazilul Fawaid.

Jazilul menerangkan bahwa kabar burung tersebut tak jelas asal usulnya. Sebab batalnya Cak Imin menghadiri gelaran MTQ Internasional di Tanah Laut lantaran permintaan Bupati Sukamta.

"Tidak jelas asal usulnya. Namun batal membuka MTQ Internasional tersebut atas permintaan Bupati Tanah Laut," ujarnya.

Hingga berita ini dirilis, bakabar.com sudah berupaya menghubungi Bupati Tala, HM Sukamta, namun yang bersangkutan belum membalas saluran telpon dan pesan WhatsApp.

Baca Juga: Cak Imin ke Tala Ternyata Bukan Membuka Gema Alquran, Panitia: Dia Tamu

Baca Juga: Ke Kalsel, Cak Imin Batal Hadiri Pengajian Guru Danau di Tabalong

Editor


Komentar
Banner
Banner