Borneo Hits

Bypass Banjarbaru-Batulicin Diresmikan, Sekarang Perjalanan Cuma 2 Jam

Jalan bebas hambatan atau bypass Banjarbaru-Batulicin diresmikan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, Sabtu (24/8).

Featured-Image
Peresmian Bypass Banjarbaru-Batulicin yang dilakukan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Sabtu (24/8). Foto: MC Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Bypass Banjarbaru-Batulicin akhirnya diresmikan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, Sabtu (24/8).

Dikerjakan menggukan sistem multiyears atau tahun jamak sejak 2019, jalan yang membelah perbukitan dan sungai itu mempunyai panjang 104 kilometer.

"Bypass Banjarbaru-Batulicin mempunyai sejarah panjang dalam perencanaan dan pembangunan. Semuanya bertujuan meningkatkan konektivitas antar wilayah, sekaligus proyek infrastruktur terbesar di Kalsel," papar Sahbirin.

Pembangunan jalan pintas tersebut akan memudahkan masyarakat dari Banjarmasin maupun Banjarbaru menuju Tanah Bumbu atau sebaliknya.

Bahkan perjalanan yang sebelumnya harus ditempuh selama 5 sampai 6 jam, sekarang terpangkas menjadi sekitar 2 jam saja.

"Pemangkasan jarak tempuh akan membawa dampak positif untuk mobilitas masyarakat dan arus logistik. Di sisi lain, Bypass Banjarbaru-Batulicin akan menghubungkan dua kawasan industri nasional yang vital," tegas Sahbirin.

Meski sudah diresmikan, Bypass Banjarbaru-Batulicin ini masih menyisakan 2 jembatan dan 5 box culvert yang belum selesai.

"InsyaAllah Desember 2024 mendatang, seluruh jembatan dan box culvert tersebut sudah rampung," sahut Ahmad Solhan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel.

Editor


Komentar
Banner
Banner