Pemkab Tanah Laut

Bupati Tanah Laut Resmikan Program PPM Arutmin

apahabar.com, PELAIHARI – Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap diresmikan, Selasa…

Featured-Image
Bupati Tanah Laut, HM Sukamta resmikan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap, Selasa (28/6). Foto-Istimewa.

bakabar.com, PELAIHARI – Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap diresmikan, Selasa (28/6).

Peresmian itu dilakukan langsung Bupati Tala, HM Sukamta di Aula Kantor Desa Sungai Cuka, Kecamatan Kintap.

Kehadiran PPM Arutmin yang memiliki empat program ini sangat dirasa manfaatnya. Yakni, Pengembangan dan Pemberdayaan Kintap Terang Layanan Listrik di Kampung Nelayan Desa Sungai Cuka dan Kintap Sehat Pengadaan Ambulans Desa Sungai Cuka.

Kemudian, Infrastruktur Penunjang Pagar Puskesmas Sungai Cuka dan yang fenomenal yakni Bakti Sosial Operasi Katarak di Puskesmas Sungai Cuka dihadiri ratusan pasien.

Sebelum peresmian, Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyempatkan melihat langsung kegiatan operasi katarak gratis oleh perusahaan Bakrie Group ini di Puskesmas Sungai Cuka.

Operasi katarak diikuti seratus orang lebih masyarakat desa lingkar tambang Arutmin. Masing-masing Tambang Satui, Kintap dan Asam Asam. Operasi katarak, dilaksanakan selama dua hari, Senin (27/6) dan Selasa (29/6).

Kepala Teknik Tambang Arutmin Kintap Lutfi Qolbirokhim mengatakan, Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia dikhususkan untuk Kecamatan Kintap di Desa Sungai Cuka.

Luthfi Qolbirokhim berharap Empat program PPM Arutmin di Desa Sungai Cuka bisa dirasakan bermanfaat oleh masyarakat desa setempat.

“Seperti program Pengadaan Ambulans Desa agar bisa memberikan pelayanan untuk masyarakat yang memerlukan bantuan pertolongan cepat kesehatan,” katanya.

Ia bilang, program pengadaan mobil Ambulance untuk desa. Kedepan pihak Arutmin bisa memberikan bantuan keseluruhan desa yang ada di lingkar tambang.

“Untuk saat ini ada tiga desa yang sudah menerima manfaat mobil Ambulans, yaitu Desa Bukit Mulya, Desa Mekar Sari dan Desa Sungai Cuka,” tutupnya.

Tidak hanya bantuan ambulans desa namun Arutmin juga telah membantu pemasangan listrik di kampung nelayan Desa Sungai Cuka dalam proses program desa nelayan terang termasuk jalan desa juga mendapat support.

Sukamta mengapresiasi kegiatan PPM PT Arutmin Indonesia yang mempunyai perhatian besar kepada masyarakat lingkar tambang.

“Arutmin sudah banyak program dilakukan kepada masyarakat, salah satunya sudah berhasil dirasakan yakni Bumdes Berkah Mulia yang sudah berkembang besar,” kata Bupati.

Orang nomor satu di Tala itu menuturkan, empat Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Desa Sungai Cuka sangat bermanfaat untuk masyarakat lingkar tambang.

“Program Layanan Listrik di Kampung Nelayan Desa Sungai Cuka banyak diharapkan masyarakat dengan bantuan PT Arutmin Indonesia bisa dilaksanakan,” katanya.

Pengadaan ambulans desa juga dirasakan masyarakat memberikan pelayanan emergency dan operasi katarak untuk masyarakat.

Dengan harapan kata Sukamta, program PPM dari PT Arutmin Indonesia, nantinya bisa dikembangkan oleh masyarakat. Kelak, setelah perusahaan tersebut sudah tidak beroperasi lagi, maka masyarakat sudah bisa menjamin pendapatan ekonomi mandiri.

Dalam kegiatan itu PT Arutmin Indonesia menyerahkan satu unit mobil ambulans ke pihak Desa Sungai Cuka.

Nampak hadir diacara tersebut Delma Azrin selaku Safety Health Environment Community manager (SHEC manager), Sekretaris Camat Kintap, Kepala Desa Sungai Cuka dan Masyarakat setempat.



Komentar
Banner
Banner