Pemkab Banjar

Bupati Saidi Menanam Pohon: Kalimantan Paru-Paru Dunia

apahabar.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama pejabat Forkopimda dan jajaran melakukan penanaman bibit…

Featured-Image
Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama pejabat Forkopimda melakukan penanaman bibit pohon, di Hutan Kota SDN Indrasari Martapura, Kabupaten Banjar, Senin (22/11). Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama pejabat Forkopimda dan jajaran melakukan penanaman bibit pohon, di Hutan Kota SDN Indrasari Martapura, Kabupaten Banjar, Senin (22/11).

Penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021, yang biasa diperingati tiap 28 November.

Bupati Banjar membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Selatan mengatakan, Kalimantan sebagai salah satu paru-paru dunia mesti dijaga kelestarian alamnya.

“Oleh karena itu hutan yang masih tersisa dan lingkungan di Banua harus dijaga dari kerusakan, baik kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam maupun dari kesalahan manusia,” ujar Bupati Saidi Mansyur.

Saidi juga mengajak kepada seluruh unsur pemerintah dan lapisan masyarakat untuk bergerak lebih cepat dalam merehabilitasi hutan dan lahan secara terus menerus dan berkelanjutan.

“Kita sangat bersyukur bahwa gerakan revolusi hijau mendapat dukungan yang luas dari berbagai pihak seperti pemerintah pusat, pemerintah kabupaten-kota, perguruan tinggi, BUMN, BUMD, hingga dukungan dari jajaran TNI-Polri yang terus mengalir untuk menghijaukan kembali bumi Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar, Mursal mengatakan tujuan HMPI adalah untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis bibit pohon dari Kepala KPH Kayu Tangi dan FIF Group Cabang Martapura kepada Bupati Banjar, dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Bibit yang diserahkan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayu Tangi sejumlah 320 batang pohon, terdiri dari 100 pohon nangka, 210 jambu mete, dan 10 pete.

Sementara dari Federal International Finance (FIF) Group Cabang Martapura 200 bibit, terdiri dari 15 pohon duku, 15 alpukat, 40 rambutan, 20 mangga gadung, 30 kasturi, 20 jambu air, 30 jambu madu, dan 30 jambu delicitra.

Peringatan HMPI ini juga dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, Sekda Banjar HM Hilman, Forkopimda Banjar, Kepala Inspektur Banjar Kencana Wati, Camat Martapura Ramli, Pembakal Desa Indrasari dan perwakilan Dishut Kalsel.



Komentar
Banner
Banner