Pemkab HSS

Bupati Fikry Terima UHC Award, Sukses Lindungi Kesehatan Masyarakat HSS

Bupati HSS Achmad Fikry menerima penghargaan nasional dalam acara Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

bakabar.com, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menerima penghargaan nasional dalam acara Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Bupati Achmad Fikry di Balai Sudirman Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa (14/3) kemarin.

Penghargaan UHC ini diberikan atas kerja nyata pemerintah daerah sampai dengan 1 Maret 2023 telah melakukan berbagai upaya optimal sehingga lebih dari 95 persen penduduknya telah terjamin pembiayaan kesehatan melalui skema Program JKN.

Tercatat sebanyak 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota di Indonesia yang sudah melakukan upaya tersebut. Diantaranya yakni HSS melalui Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Pemerintah Kabupaten HSS berusaha untuk mewujudkan UHC bagi penduduknya dengan melalui Jamkesda sebagai perlindungan kesehatan, pembiayaannya dibebankan pada APBD.

Jamkesda atau sering disebut BPJS gratis ini merupakan salah satu program andalan Bupati HSS Achmad Fikry bersama Wakil Bupati Syamsuri Arsyad sejak tahun pertama memimpin Bumi Rakat Mufakat. 

"Alhamdulillah sejak 2019 kita sudah melaksanakan itu dan mudah-mudahan dengan perlindungan ini masyarakat terjamin biaya berobatnya," kata Bupati Fikry.

Sejak diluncurkan program itu hingga saat ini cakupan peserta BPJS Kesehatan di HSS sudah 100 persen. Bahkan setiap tahun digelontorkan angggaran Rp54 miliar untuk berobat gratis bagi masyarakat.

"Terima kasih DPRD HSS yang secara konsisten menganggarkan iuran BPJS ini, semoga membawa manfaat bagi masyarakat," tandasnya. 

Terpisah, Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin menekankan supaya pemerintah daerah mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan.

"Yang lebih diperhatikan yaitu penyandang disabilitas, warga lansia dan masyarakat terlantar. Sekaligus mendorong peningkatan mutu layanan kesehatan," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner