Tak Berkategori

Bupati Banjar Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung: Ambil Hikmahnya

apahabar.com, MARTAPURA – Pemkab Banjar dan Pemprov Kalsel mengunjungi langsung warga tertimpa musibah angin puting beliung,…

bakabar.com, MARTAPURA – Pemkab Banjar dan Pemprov Kalsel mengunjungi langsung warga tertimpa musibah angin puting beliung, di Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat, Sabtu (12/6/2021).

Peristiwa angin puting beliung ini terjadi Jumat (11/6) kemarin sore. Puluhan rumah porak-poranda hingga memaksa para korban bencana mengungsi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan sejumlah bantuan untuk korban berupa uang tunai dan sejumlah kebutuhan pokok.

“Turut prihatin atas bencana angin puting beliung yang melanda beberapa desa, khususnya Desa Penggalaman yang paling parah,” ujar Bupati Banjar didampingi Wakil Said Idrus, serta pejabat instansi terkait.

Akibat bencana ini, kata Bupati Saidi, banyak kerugian yang dialami. Dia meminta warga harus tabah.

“Kami ada sedikit bantuan, walaupun tidak bisa menyelesaikan masalah yang ada namun InsyaAllah dapat mengurangi beban-beban masyarakat yang terdampak bencana,” tambahnya.

Bupati Banjar mengajak masyarakat yang tertimpa bencana agar sabar dan mengambil hikmah dinalik sebuah peristiwa, serta memanfaatkan bantuan sebaik mungkin.

“Tetap sabar dan mudah mudahan di balik kejadian ini ada hikmahnya, ada hal yang lebih baik lagi yang akan hadir. Diharapkan bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik baiknya”. harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Siti Nuriyani mengatakan akan mengupayakan memberikan bantuan dalam bentuk bahan bangunan rumah, kerjasama dengan Kementrian Sosial.

“Kami upayakan memintakan bantuan dari Kementrian Sosial dalam bentuk bahan bangunan untuk rumah, mudah-mudahan bisa disetujui oleh Kementrian bisa langsung kita kerjakan asalkan ada data,” ucap Siti Nuriyani.

Pambakal Desa Penggalaman, Nur Ifansyah menjelaskan ada 26 rumah rusak akibat bencana angin puting beliung.

“Sekitar pukul 16.00 Wita ada telepon dari RT bahwasanya ada hujan deras dan angin kencang. Saya datangi ke lokasi ternyata ada 26 rumah rusak terdiri dari 31 KK dan 71 jiwa. Ada 15 rumah rusak berat, 5 buah rumah rusak sedang dan 6 buah rumah rusak ringan,” Jelas Ifansyah.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Banjar dan Wakil Bupati Banjar menyerahkan bantuan secara simbolis kepada korban bencana angin puting beliung.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako, peralatan prokes Covid-19, perlengkapan permainan anak dan dari Baznas berupa uang tunai.



Komentar
Banner
Banner