Pemkab Banjar

Bupati Banjar Panen Sayuran, 6 KWT dan 1 Poktan Dapatkan Bantuan

Bupati Banjar H Saidi Mansyur memanen sayuran sekaligus menyemai benih di lahan demplot kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kelompok Wanita Tani (KWT).

Featured-Image
Bupati Banjar H Saidi Mansyur memanen sayuran pada syukuran panen di lahan demplot kegiatan P2L Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Kaliputat, di Desa Batu Balian, Simpang Empat, Senin (26/2). foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur memanen sayuran sekaligus menyemai benih sayuran dalam syukuran panen di lahan demplot kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Diketahui lahan tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Kaliputat, di Desa Batu Balian, Kecamatan Simpang Empat, Senin (26/2).

"Saya mengapresiasi KWT di Kabupaten Banjar yang memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran lokal," papar Bupati Saidi didampingi Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas.

Saidi Mansyur menegaskan P2L perlu mendapat dukungan, karena telah mengusahakan pemanfaatan lahan pekarangan secara produktif sebagai sumber pangan berkelanjutan, sekaligus menghasilkan pendapatan.

"KWT harus berkomitmen bersama dan harus kompak untuk menjaga lahan dan bercocok tanam dengan baik,” harapnya.

Menanggapi itu, Ketua KWT Berkah Kaliputat Yuli mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu program P2L untuk memenuhi gizi keluarga.

Menurutnya, P2L sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena bisa memenuhi gizi keluarga untuk mengatasi permasalahan stunting.

Ia berharap program P2L dapat dikembangkan dan berkelanjutan serta dapat menjadi agrowisata edukasi.

“Karena KWT Berkah Kaliputat tidak hanya menanam sayuran tapi juga usaha peternakan dan perikanan,” tutupnya.

Di tempat sama, juga dilakukan penyerahan bantuan benih sayuran untuk KWT Berkah Kaliputat dan penyerahan secara simbolis bantuan kegiatan P2L tahun 2024.

Masing-masing sebesar Rp50 juta oleh Bupati Banjar kepada 6 KWT dan 1 kelompok tani (Poktan). KWT dan Poktan tersebut masing-masing berasal dari Kecamatan Mataraman, Karang Intan, Astambul, dan Martapura.

Editor


Komentar
Banner
Banner