Pemkab Banjar

Bupati Banjar Buka Peringatan Hari Santri Nasional, Sejumlah Perlombaan Digelar

apahabar.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur membuka secara resmi Peringatan Hari Santri Nasional 2021…

Featured-Image
Bupati Banjar H Saidi Mansyur membuka secara resmi Peringatan Hari Santri Nasional 2021, yang digelar di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Jumat (22/10) sore. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur membuka secara resmi Peringatan Hari Santri Nasional 2021 yang digelar di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Jumat (22/10) sore.

Pembukaan diisi dengan atraksi kesenian Sinoman Hadrah dari Karya Muda asal Desa Sungai Batang, Martapura Barat serta atraksi seni bela diri pencak silat dari perguruan Pagar Nusa, Kecamatan Sambung Makmur.

Sejumlah perlombaan diadakan seperti Festival Maulid Habsyi, Musabaqoh Qira’atil Kutub, Musabaqoh Tilawatil Qur’an, dan lomba Pidato Bahasa Arab.

Peserta yang mengikuti lomba dari santri dan santriwati di wilayah Kabupaten Banjar. 21 pondok pesantren akan ikut ambil bagian dengan jumlah total peserta 180 santri.

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengucapkan selamat atas Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar Tahun 2021.

Dikatakannya, peringatan Hari Santri tidak terlepas dari peran besar KH Hasyim Asy'ari, pendiri ormas Islam terbesar di Tanah Air Nahdlatul Ulama (NU), dalam melawan penjajah Belanda.

“Beliau mengupayakan kemerdekaan dengan menggerakkan, mengajak rakyat juga santri melalui fatwa jihad yang kemudian dikenal sebagai resolusi jihad, melawan penjajah Belanda pada Tanggal 22 Oktober 1945,” ucap Saidi.

Dalam kesempatan ini, Saidi merasa bersyukur dapat bersilaturrahmi dan berada di tengah ulama, tuan guru, para santri dan keluarga besar pondok pesantren dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021, yang mengusung tema “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya”.

Di momen Hari Santri ini, Bupati Banjar berharap dapat meningkatkan dan mengembangkan bakat dan kompetensi para santri dan santriwati, agar bisa memiliki peran mengisi pembangunan daerah di segala sektor.

Ketua Pelaksana Hari Santri Nasional 2021 Kabupaten Banjar, Muhammad HR mengatakan bahwa Peringatan Hari Santri bertujuan sebagai momen silaturahmi, sekaligus untuk pembelajaran bagi para santri serta menumbuhkan semangat cinta tanah air.

Acara Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar Tahun 2021 merupakan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar.

Dalam pembukaan itu, turut hadir Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar HM Hilman, Forkopimda Banjar, Ketua MUI Kabupaten Banjar KH Muhammad Husein, Ketua Tanfidziyah NU Kabupaten Banjar Nuryadi, para kepala SKPD Banjar dan sejumlah ulama serta para santri.

img



Komentar
Banner
Banner